Jumat, 29 Maret 2024

Bertemu Saat Perang Dunia II, Pasutri Ini Masih Bersama Hingga Kini

Berita Terkait

John dan Josephine. (foto: mirror)

batampos.co.id – Perayaan pernikahan perak (25 tahun) dan pernikahan emas (50 tahun) merupakan hal yang jarang terjadi di masa sekarang. Apalagi jika usia pernikahan mencapai 75 tahun, sungguh suatu momen yang langka.

Namun di Inggris, ada sepasang kakek nenek yang hidup bahagia dengan usia pernikahan 75 tahun. Mereka adalah John dan Josephine.

75 tahun silam, mereka bertemu di sebuah tempat penampungan saat bom jatuh selama Perang Dunia II. Dan saat para pemuda dan pejuang berkumpul bersama, menjadi awal ikatan suci mereka timbul.

Dua tahun kemudian, John dan Josephine Gibson mengikat janji suci. Sebagai pasangan yang merayakan ulang tahun pernikahan mereka yang ke-75, mereka mengklaim tak ada yang berubah. Josephine kini berusia 94 tahun.

“Hari pertama kami bertemu dan saat itu saya sedang di bioskop bersama teman-teman. Saya masih berusia 16 tahun,” katanya seperti dilansir Mirror, Rabu (4/1).

“Staf bioskop mengatakan kepada kami untuk pergi ke tempat penampungan serangan udara di pusat kota. Itu cukup menakutkan. John yang menemani saat itu,” kenang Josephine.

Mereka kemudian berpacaran dan dua tahun kemudian menikah.

“Kami menikah di gereja pada 20 Desember 1941. Saat itu terjadi pemadaman, jadi saat itu benar-benar gelap gulita,” tuturnya.

John dan Josephine Gibson dari Hetton-le-Hole, Co Durham, tinggal di satu rumah milik orang tua Josephine di mana mereka merayakan ulang tahun pernikahan ke-75 tahun. Mereka sudah tinggal bersama keluarga Josephine. John berprofesi dulu sebagai buruh bangunan.

“Setelah kami menikah kami khawatir bahwa John harus pergi untuk perang, tapi karena dia adalah seorang buruh bangunan, tukang batu, dia hanya harus pergi ke London untuk membantu membangun kembali kota,” ungkap Josephine.

“Saya sempat jatuh sakit sehingga dia harus kembali cukup cepat, tapi selain itu kami hampir tidak pernah berpisah. Ini sudah seperti hukuman seumur hidup di penjara bersamanya,” kata Josephine tertawa.

“Kami tentu jatuh bangun selama 75 tahun menikah,” tambahnya. Pasangan ini memiliki dua anak laki-laki John (69) dan Norman (72) dengan empat cucu perempuan, satu cucu laki-laki, empat cicit perempuan, tiga cicit laki-laki, dan satu anak cicit.

Anak laki-laki Josephine, Norman mengagumi kisah cinta orang tuanya. “Sungguh mengagumkan mereka menikah begitu lama. Semua keluarga begitu dekat karena ayah dan ibu selalu mengayomi semampu mereka. “Untuk ulang tahun perkawinan mereka, kami memiliki prasmanan keluarga di rumah, begitu sempit karena kami ada 20 orang lebih. Setidaknya ini persembahan kami di masa tua mereka,” pungkasnya. (mirror/cr1/JPG)

Update