ilustrasi

batampos.co.id – Memiliki ketiak gelap kerap membuat seseorang tidak percaya diri untuk mengenakan pakaian tangan lengan. Jika memiliki baju tersebut, busana itu hanya akan menumpuk di lemari.

Bila tetap ingin memakai, tentunya yang ketiak gelap akan mensiasati dengan menggunakan rompi atau kardigan serta bolero.

Warna gelap pada ketiak disebabkan perubahan hormonal atau faktor genetik. Deodoran juga dapat mempengaruhinya.

Bila diketahui ketiak gelap akibat deodoran, hentikan penggunaan benda tersebut. Gunakan cara alami seperti tawas untuk mengatasi keringat berlebih tanpa bahan kimia.

Cara lain agar ketiak gelap juga dapat disiasati dengan memilih pakaian longgar untuk menghindari gesekan pada kulit. Langkah selanjutnya dapat dengan mengkonsumsi air putih 7-8 gelas setiap hari. Cara tersebut dapat memperbaiki metabolime tubuh. Sebab dengan banyak meminum air putih akan dapat mengelupaskan lapisan kulit mati dan mengurangi perubahan warna ketiak.

Bila kulit ketiak sudah tidak gelap lagi, adan sudah berkreasi dengan bebas sesuai selera. Hal yang lebih penting lagi tak perlu malu-malu lagi menggunakan pakaian sedikit terbuka.

Berikut juga ada resep herbal untuk menghilangkan warna gelap di ketiak versi Boldsky, Kamis (5/1). Cara hanya dengan menggunakan kentang, baking soda, dan lemon.

1. Kentang dan Lemon
Kentang mengandung pemutih alami yang dapat membuat kulit cerah dan bercahaya. Sedangkan asam serta antiseptik pada perasan lemon akan menghilangkan warna gelap pada kulit dan membunuh bakteri.

Caranya, kupas, parut dan dapatkan ekstrak perasan kentang. Tambahkan 5 tetes perasan lemon. Lalu gunakan kapas, oleskan pada daerah ketiak. Biarkan selama 5 sampai 10 menit, dan kemudian cuci bersih dengan handuk basah.

2. Baking Soda
Ambil satu sendok makan baking soda campur dengan air, aduk hingga menjadi adonan halus. Oleskan pada ketiak Anda. Tunggu sampai mengering sepenuhnya, lalu gosok dengan gerakan melingkar selama 2 menit, sebelum dibilas dengan air biasa. Baking soda dapat mengatasi penumpukan sel kulit mati dan pori-pori dan membantu mencerahkan warna kulit.

Namun dua cara alami ini tetap harus memperhatikan karakter kulit Anda. Jenis kulit setiap orang berbeda. Oleskan sedikit dulu resep alami ini untuk menghindari efek samping. Dan jika Anda memiliki luka atau jerawat pada ketiak, lebih baik menunda untuk menggunakan resep ini. (cr1/JPG)

Respon Anda?

komentar