Kamis, 25 April 2024

Anambas Kekurangan Pegawai, BKD: Tunggu Evaluasi Kemendagri

Berita Terkait

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Kepulaun Anambas Linda Maryati. foto:net

batampos.co.id – Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas Linda Maryati belum bisa memastikan apakah tahun ini akan ada penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) atau tidak. Namun pihaknya akan mengusahakan agar ada penerimaan CPNS untuk Kabupaten Kepulauan Anambas.

“Pastinya itu kita belum tahu, tapi kita akan usahakan untuk mengejar ke pemerintah pusat,” ungkap Linda kepada wartawan Selasa (4/1/2016).

Dikatakan Linda, dengan adanya perubahan Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) yang baru akan ada evaluasi dari Kementerian Dalam Negeri. Sehingga kementerian meminta data pegawai yang baru dari seluruh pemerintah daerah.

“Informasi yang kita dapat demikian, jika evaluasi kementerian selesai maka akan ketahuan apakah perlu adanya penerimaan CPNS lagi atau tidak. Jika memang perlu ada penerimaan, maka akhir tahun tetap dilaksanakan penerimaan,” ungkapnya lagi.

Menurutnya penerimaan CPNS sangat diperlukan mengingat jumlah pegawai di Anambas saat ini sudah berkurang. Untuk Pegawai Negeri Sipil sendiri sudah berkurang sekitar 400 orang. Beberapa tahun lalu, lanjutnya, jumlah pegawai Anambas berjumlah 1.854 orang.

“Sekarang tinggal 1.465 orang. Oleh karena itu untuk menjalankan roda pemerintahan, harus ditambah dengan Pegawai Tidak Tetap (PTT) yang jumlahnya lebih dari 2.000 orang,” jelasnya.

Pengurangan jumlah pegawai ini bukan hanya disebabkan karena pegawai banyak yang pindah, tapi ada penyebab lainnya yakni adanya perubahan status kepegawaian, yang awalnya pegawai pemerintah daerah kini diambil alih menjadi pegawai provinsi.

“Pegawai yang pindah pada tahun 2015 dan 2016 ada sekitar 221, ditambah pegawai yang diambil alih oleh provinsi mulai dari tenaga Pendidikan Sekolah Menengah, Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Polisi Kehutanan dan sebagainya kurang lebih ada 168 orang,” bebernya. (sya)

Update