Kowal Tetap Cantik dan Gagah dalam Balutan Jilbab

2215
Pesona Indonesia
Sertu Septianingsih (kiri, berhijab) dan Sertu Faradila (kanan) mengenakan pakaian dinas harian (PDH).

batampos.co.id – 5 Januari ialah Hari Ulang Tahun Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal). Tahun ini usia Kowal mencapai 54 tahun.

Ada yang menarik dalam HUT tahun ini, sosialisasi seragam hijab. .

Selama ini jarang ada anggota Kowal di lingkungan Komando Armada Kawasan Timur (Koarmatim) yang berkerudung. Padahal, izin mengenakan hijab ada sejak Oktober.

Selain sosialisasi seragam hijab, prajurit Kowal mengadakan rangkaian acara sosial. Misalnya, periksa gigi gratis, lomba renang, lomba yel-yel, serta anjangsana keluarga Kowal. Rangkaian acara itu berlangsung sejak Desember 2016.

Acara-acara tersebut diikuti anggota Kowal se-Surabaya. Mereka berasal dari Komando Doktrin Latihan TNI-AL (Kodiklatal), Kobangdikal, Marinir, Pangkalan Udara TNI-AL, serta PNS di lingkungan TNI-AL.

Puncaknya ditandai dengan apel yang dipimpin Panglima Armatim Laksamana Muda TNI Darwanto. Apel dilaksanakan di Dermaga Ujung, Surabaya. Hadir pada apel tersebut satuan Kowal yang bertugas di Surabaya.

Laksamana Muda TNI Darwanto mengatakan, Kowal memiliki peran yang tidak kalah penting dengan prajurit lelaki. Saat ini Kowal masih pada tataran pendidikan di tingkat bintara dan calon perwira. Ke depan, akan ada Kowal yang muncul dari lingkungan akademi. “Kowal itu berasal dari lembaga Akademi Angkatan Laut (AAL),” ujarnya.

Terkait seragam hijab, TNI-AL memberi izin sejak Oktober lalu. Ada surat edaran dari Mabes TNI yang memperbolehkan penggunaan kerudung bagi prajurit. Baik pakaian dinas harian (PDH), pakaian dinas lapangan (PDL), maupun pakaian dinas layar.

Dia mempersilakan anggota yang ingin mengenakan kerudung. TNI-AL sangat menghargai akidah agama masing-masing prajurit. Selama tidak mengganggu profesionalitas, TNI-AL tidak mempermasalahkan.

Selama ini memang jarang ditemui prajurit TNI yang mengenakan kerudung. Yang terlihat cukup banyak adalah di lingkungan kepolisian.

Sertu Septianingsi, salah seorang anggota Kowal UPT Mabesal Armatim, mengatakan, banyak anggota yang ingin berhijab. Namun, untuk mewujudkan keinginan itu, belum semuanya berani. Ada yang berani, ada yang ragu-ragu. “Kini semua sudah terbuka dan mulai terang-terangan,” ucapnya.

Selain apel bersama, anggota Kowal mengadakan potong tumpeng bersama. Letkol Laut (KH) Munasita selaku Kama Binjasmuroh Kodiklatal memimpin acara tersebut. Dia memberikan motivasi kepada rekan-rekannya untuk semangat dalam mengemban amanah sebagai prajurit TNI-AL. (riq/c6/dos)

Respon Anda?

komentar