Jumat, 29 Maret 2024

Vandalisme Sasar Halte Bus Trans Batam

Berita Terkait

FOTO: DALIL HARAHAP / BATAMPOS

batampos.co.id – Sejumlah halte pemberhentian bus Trans Batam di wilayah Batuaji dan Sagulung masih menjadi sasaran aksi vandalisme dari pihak yang tak bertanggung jawab. Padahal beberapa halte diantaranya baru dibangun sebagai fasilitas penunjungan jasa transpostasi yang kelolah oleh Perum Damri Batam itu.

Pantauan di lapangan, aksi vandalisme ini menyasar hampir semua halte dan tempat yang paling banyak dicoret-coret adalah tembok dan tiang halte. Coretan dengan berbagai tulisan dan gambar tersebut umumnya menggunakan piloks dan cukup mengganggu pemandangan halte.

Halte depan yayasan Hidayatullah, Batuaji misalkan, meskipun tergolong halte baru namun kondisi halte tersebut terlihat seperti tak terawat. Itu karena hampir seluruh bangunan halte sudah dibubuhi dengan berbagai coretan baik itu tulisan ataupun gambar-gambar animasi yang dilukis tangan.

Yustina, salah seorang pengguna jasa transportasi bus Trans Batam di Batuaji,menyayangkan maraknya aksi vandalisme yang menyasar fasilitas umum seperti itu.  Menurutnya aksi vandalisme adalah tindakan tak yang tak terpuji karena merusak pemandangan kota.”Sayang kali kalau begini, padahal halte ini tergolong baru. Jadi tak sedap dipandang kalau begini kondisinya,” kata wanita berbadan tambun itu.

Aksi vandalisme yang kembali marak tersebut dianggap sebagai salah satu penghambat upaya pemko Batam untuk menata perwajahan di kota Batam.

Gimana mau jadi kota Bandar Madani kalau masih ada yang kelakukan seperti ini,” ujar Herman, warga lainnya.

Warga berharap agar pihak pemerintah terkait memberikan perhatian yang lebih untuk mengatasi persoalan itu dengan melakukan pengawasan kepada halte-halte yang sudah disediakan. “Ini akan semakin parah nanti kalau dibiarkan. Pemerintah harus ambil tindakan agar kegiatan coret-coret di halte jangan ada lagi,” ujar Herman.

Jika kondisi seperti itu dibiarkan, maka tidak mustahil jika aksi vandalisme juga akan masuk ke kawasan pemukiman warga dengan menyasar fasilitas umum lainnya. (eja)

Update