Kamis, 25 April 2024

Ada Lomba Tarik Suara untuk Anda Usia 30 Tahun ke Atas

Berita Terkait

Dian Apriana Linda dan Wimpi Sanusi saat melakukan persiapan lomba tembang kenangan era 60 sampai 90an
foto: batamtvnews

batampos.co.id – Anda suka berdendang? Ssstt… ada lomba tarik suara nih.

Persatuan artis penyanyi pencipta lagu Indonesia (PAPPRI) Kepulauan Riau akan menggelar lomba tembang kenangan era tahun 60 hingga 90 di Batam.

Lomba tersebut merupakan salah satu upaya PAPPRI untuk menjembatani pecinta lagu kenangan

“Lomba lagu kenangan yang akan kita laksanakan pada tanggal 3, 4, dan 5 Februari di DC Mall nanti merupakan upaya kami menjembatani pecinta lagu kenangan terutama bagi mereka yang berusia tua” kata Dian Afriana Linda Sekretaris PAPPRI Kepri pada Rabu (4/1) siang seperti dilansir batamtvnews.com.

Selain itu, lomba tersebut berangkat dari rasa keprihatinan pelaku seni ketika mereka bekerja nyaris tidak ada yang meminta lagu tempo dulu, sehingga ada kekhawatiran karya-karya besar dari pencipta lagu kenamaan Indonesia terlupakan seiring perkembangan dunia tarik suara.

Lomba yang digagas PAPPRI Kepulauan Riau, lanjut wanita berparas cantik ini, hanya mengakomodir bagi calon peserta yang berusia 30 tahun keatas. Sementara peserta hanya dibatasi 100 orang dengan rincian 50 peserta pria dan 50 peserta wanita.

“Panitia tidak memungut biaya, dan kita hanya membatasi peserta sebanyak 100 orang. 50 pria dan 50 wanita” tambahnya.

Untuk babak penyisihan yang digelar pada tanggal 3 Februari dan babak semi final pada tanggal 4 nanti, peserta menyanyikan 1 tembang kenangan dengan minus one atau karaoke. Sementara untuk babak final, peserta akan diiringi orkestra.

“Untuk final panitia telah menentukan lagu. Pilihan lagu pria diantaranya Kusadari milik Harvey Malaiholo, Aku pasti datang tembang Utha Likumahua, dan tembang Kidung karya almarhum Crisye. Sementara untuk wanita, lagu pilihannya Burung Camar punya Vina Panduwinata, Dirimu satu karya Hutahuruk Sister dan Cinta karya Titik Puspa” kata Dian.

Untuk tim penilai, nantinya akan melibatkan pengurus senior PAPPRI yang ada di Kepulauan Riau. Mereka merupakan seniman tarik suara yang telah memiliki segudang pengalaman.

“Jurinya dari kita yang senior, mereka yang memiliki banyak pengalaman” tambahnya.

Hal yang dinilai dari peserta diantaranya teknik vokal, penjiwaan dan penampilan.

Sementara itu Ketua bidang organisasi dan keanggotaan Wimpi Sanusi mengatakan, kegiatan ini nantinya akan menjadi agenda kerja tahunan PAPPRI jika animo masyarakat tinggi. Tidak menutup kemungkinan nantinya akan melibatkan negara tetangga Malaysia dan Singapura.

“Ini merupakan langkah awal, jika nanti animo masyarakat tinggi akan kami jadikan agenda kerja. Bahkan nanti akan kita undang peserta dari Malaysia dan Singapura” kata Wimpi Sanusi.

Bagi calon peserta, syarat pendaftaran diantaranya membawa KTP atau tanda pengenal yang masih berlaku dan mengisi formulir.

“Pendaftaran di Beranda Kafe Puri Mas blok A no. 33 Batam Centre dan sekretariat PAPPRI Komplek Ruko niaga Mas Blok B1 no. 11 Batam Centre” tambahnya. (men/batamposgrup)

Update