Kamis, 18 April 2024

Jelang Imlek, Vihara di Batam Berdandan

Berita Terkait

Aseng seorang pengurus Vihara Tua Pek Kong Winsor Nagoya sedang melukis lampion, Selasa (10/1). Vihara Tua Pek sudah mulai melakukan persiapan untuk perayaan Imlek. F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Jelang Tahun Baru Imlek 2568 yang bertepatan dengan Sabtu 28 Januari 2017 mendatang, komplek Vihara ‘dipercantik’, seperti Tua Pek Kong Bio atau Vihara Budhi Bhakti Buddha Lubukbaja.

“Diperbaharui supaya bersih, tampak indah dan rapi,” kata , Pengurus Yayasan Vihara Umat Budha, Hartono Ang, Selasa (10/1).

Terlihat, warna tembok yang pudar mulai dicat ulang. Lampion juga sudah mulai dipasang, baik yang biasa maupun yang pakai listrik. Petugas dan sukarelawan tengah sibuk persiapkan dupa juga kertas doa, juga hal lain.

“Selain di dalam ini (komplek Vihara), di luar (di jalan depan vihara), lampion  juga kita pasang,” ujarnya.

Menurut Hartono,  hal demikian sejatinya sudah mulai  sejak awal tahun lalu. Tak hanya di vihara yang dibuat bagus, rumah warga beretnis thionghoa juga dipercantik.

“Awal tahun sudah mulai. Di rumah-rumah juga begini, banyak hiasan,” ucapnya.

Dia menambahkan, biasanya perayaan imlek kunjungan ke vihara ini cukup drastis. Ini terjadi lantaran, turis dari berbagai negara datang. Ada yang dari Singapura, Korea, Thailand, Malaysia, Srilangka juga Jepang. “Yang paling banyak dari Singapura dan Korea,” terangnya.

Saking banyaknya pengunjung, vihara akan ramai sejak pagi hingga malam hari. Antisipasi hal ini, pihaknya juga persiapakan sistem parkir yang matang.

“Nanti Sabtu (27/1) malam ada kembang api,” pungkasnya. (cr13)

Update