batampos.co.id – Pemkab Bintan akan berupaya menggalakan program-program untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kabupaten Bintan. Salah satunya dengan mencanangkan tiga kawasan sebagai kota tua yang memiliki ikon atau brand tersendiri.

“Tiga kawasan itu memiliki nilai budaya dan historis tinggi. Sehingga kita jadikan sebagai kota tua. Bahkan akan kita bangun menjadi kawasan yang menarik untuk dikunjungi,” ujar Bupati Bintan, Apri Sujadi di Kecamatan Bintan Timur (Bintim), Kamis (12/1).

Tiga kawasan yang akan dijadikan kota tua yaitu Kawasan Bukit Batu di Kecamatan Teluk Bintan, Kawasan Pasar Berdikari Kijang Kota di Kecamatan Bintim, dan Kawasan Kampung Mentigi Tanjunguban di Kecamatan Bintan Utara (Binut).

Agar tiga kawasan bisa direalisasikan sebagai kota tua, Kata dia, secepatnya pemerintah daerah (pemda) akan menerbitkan Surat Keputusan (SK) Penetapan Status Kota Tua Kabupaten Bintan 2017. Dengan dikantonginya status kota tua diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan sekaligus mempertahankan nilai budaya dan historis dari kawasan tersebut.

“Penetapan ini sudah melalui tahap kajian-kajian. Nantinya kota tua ini akan kita benah namun nilai arsitekturnya akan dipertahankan. Sehingga kelihatan lebih menarik dan bisa menjadi daya tarik untuk kunjungan wisatawan,” bebernya.

Besar harapannya agar seluruh pihak bisa bekerjasama untuk menjadikan kota tua sebagai ikon baru sektor pariwisata Bintan. Dengan cara itu tak hanya pemerintah yang merasakannya tapi akan berdampak pada peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

“Kami mohon kerjakeras dan dukungan semua pihak. Jadikanlah kota tua sebagai salah satu ikon yang menjadi daya tarik dan bisa dibanggakan oleh masyarakat,” ungkapnya. (ary)

Respon Anda?

komentar