Selasa, 23 April 2024

Anggaran Dibatasi, Pemko Batam Kurangi Belanja CCTv

Berita Terkait

Salah satu CCTv yang dipasang di parkiran perkantoran daerah Batamcenter. Foto: Johannes Saragih/Batam Pos

batampos.co.id – Pemerintah Kota Batam mengurangi jumlah kamera intai (CCTv) yang akan dipasang tahun ini. Dari rencana awal 70 kamera, pemerintah hanya akan memasang 30 kamera saja.

“Ini karena anggaran berkurang. Dari semula Rp 7  miliar menjadi Rp 5 miliar,” kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi, Salim.

Hal ini berimbas juga pada titik-titik yang akan dipasangi kamera intai. Awalnya, mereka merencanakan akan memasang kamer intai di 40 titik. Setelah anggaran berkurang, mereka memutuskan untuk memasang kamera itu di wilayah-wilayah yang rawan. Total, ada 20 titik yang akan dipasangi kamera intai.

“Kami prioritaskan sesuai rekomendasi Polda, Polresta, dan Dishub (Dinas Perhubungan),” ujarnya lagi.

Anggaran sebesar Rp 5 miliar itu terdiri dari pengadaan kamera, server, memori, tiang, listri, dan penyewaan link. Pengadaan kamera memakan ongkos paling besar. Yakni, sampai Rp 3 miliar.

“Setelah APBD disahkan, langsung kami lelang,” katanya.

Salim berharap, APBD segera disahkan. Sehingga proses pelelangan dapat segera dilakukan dan ditemukan pemenangnya. Ini supaya kejadian di tahun lalu tak terulang lagi. Tahun lalu, proses pelelangan gagal karena lima peserta lelang menawar harga di atas pagu anggaran.

“Karena waktunya mepet, kami tidak bisa mengulangnya lagi. Jadi kalau kami lelang lebih awal, kalau gagal bisa kami ulang lagi,” tambahnya.

Jika proses lelang itu gagal sebanyak dua kali, pemerintah dapat melakukan pengadaan tanpa lelang terbuka. Ia berharap pemasangan kamera intai itu dapat segera dilaksanakan. Sebab, sudah banyak pihak yang membutuhkannya. Terutama untuk mengawasi wilayah yang dianggap rawan kejahatan di Batam.

“Semoga anggaran yang disiapkan pemerintah mencukupi untuk pengadaan CCTv ini. Sehingga pemasangan bisa dilakukan bertahap dan 2018 sudah full terpasang,” pungkasnya. (ceu)

Update