Jumat, 29 Maret 2024

Saat Terbaik untuk Memancing, Tapi Tetap Waspada Cumulunimbus

Berita Terkait

Sejumlah warga memancing di kawasan Sei Jang Tanjungpinang, Minggu (18/12). F.Yusnadi/Batam Pos

batampos.co.id – Merujuk pada perkiraan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tanjungpinang, cuaca secara umum wilayah perkotaan selama seminggu ke depan masih didominasi oleh kondisi cerah berawan. Hal ini merupakan catatan cuaca yang terbilang cukup baik untuk memancing.

“Karena pembentukan awan konvektif lokal berpeluang terjadi pada siang dan sore hari, namun aktifitas cuaca yang cukup kuat dari utara membuat peluang hujan pada siang dan sore berkurang,” jelas Prakirawan BMKG Tanjungpinang, Hari Saputro, kemarin.

Sementara gelombang perairan pun diperkirakan masih relatif aman bagi warga yang melakukan aktivitas di laut. Catatan BMKG Tanjungpinang, sambung Hari, ketinggian gelombang perairan berkisar antara 0,5-1.0 meter. “Lumaya kondusif bagi nelayan yang hendak pergi melaut,” ungkapnya.

Kendati terbilang kondusif, bukan berarti warga boleh menganggap remeh perubahan cuaca yang juga bisa berganti seketika. Hari mengatakan, pergerakan awan cumulunimbus alias awan hitam pekat di daerah laut juga lazim terjadi.

“Karena itu bisa jadi pertanda akan terjadi gelombang tinggi. Masyarakat tetap mesti waspada dan berhati-hati,” ungkap Hari.

Pantauan di sejumlah dermaga rakyat kemarin, masih banyak nelayan yang beraktivitas. Cuaca masih terbilang cukup aman sebab dari siang hingga petang cuaca di Tanjungpinang hanya dilingkupi awan hitam tipis.

“Nanti kalau mau mulai gelap, saya langsung pulang. Karena tak jauh juga ini pergi melautnya,” kata Rudi, seorang nelayan di Pelantar II Tanjungpinang. (aya)

Update