Jumat, 29 Maret 2024

Peserta Lelang Jabatan Masih Kosong

Berita Terkait

batampos.co.id – Memasuki hari ketiga pembukaan pendaftaran Seleksi Terbuka atau Open Bindding atau lelang jabatan untuk posisi jabatan Eselon IIa (Sekda) dan IIb (Kepala Dinas) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas, belum ada satupun Pejabat Anambas yang memasukkan berkasnya ke Panitia Seleksi (Pansel) yang dipusatkan di kantor sekretariat Badan Kepegawaian dan pengembangan sumber daya manusia Kabupaten Kepulauan Anambas.

“Belum ada yang mendaftar. Biasanya, menjelang penutupan mereka baru pada daftar. Mungkin sekarang mereka sedang menyiapkan berkas,” kata Sekretaris Badan Kepegawaian Anambas, Rusmanda, Jumat (13/1).

Berdasarkan pengumuman dengan nomor 01/Pansel-JPTP/Anambas/2017 yang dikeluarkan Pansel, waktu pendaftaran dibuka selama 10 hari dari 11-20 Januari mendatang dari pukul 08.00-16.00WIB.

Untuk persyaratan umum, panitia menetapkan yang bersangkutan harus ASN Anambas. Pendidikan minimal Sarjana (S1), telah mengikuti uji Kompetensi (Assesment), telah menyerahkan LHKPN dan masih ada beberapa persyaratan lainnya. Sementara peryaratan khusus, bagi mereka yang melamar jabatan Sekda minimal pangkat golongan IVb. Sedangkan untuk Kepala Dinas atau Badan Daerah, minimal golongan IVa.

Sedangkan persyaratan pengalaman jabatan, yang bersangkutan minimal pernah dua kali menduduki kepala dinas ditempat yang berbeda jika ingin melamar jabatan Sekda. Sementara bagi mereka yang ingin menempati posisi kepala dinas atau badan daerah, minimal 2 tahun pernah menduduki posisi eselon IIIa.

“Total jabatan yang akan diseleksi itu ada 6 poisi. Diantaranya, jabatan Sekda Definitif, Kepala Badan Keuangan Daerah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Kepala Dinas Koprasi, Usaha Mikro dan Perdagangan dan Perindustrian, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi serta Kepala Satpol PP Anambas,” ungkapnya.

Kata Rusmanda, setiap pelamar, dibolehkan melamar maksimal tiga jabatan yang diminati sesuai jabatan yang dilelang. Melampirkan fotocopy tanda terima LHKPN, sertifikat diklatpim dan sebagainya serta membuat dua rangkap lamaran dalam bentuk hardcopy dan softcopy.

Selanjutnya, pada 24 Januari akan dilakukan pengumuman seleksi Administrasi. Bagi mereka yang dinyatakan lulus, pada 25-26 Januari akan mengikuti tes kompetensi bidang sekaligus mempersentasikan makalah yang mereka tulis. Esok harinya atau 27 Januari, akan dilakukan wawancara akhir dan pengumuman akan disampaikan pada 6 Februari 2016 mendatang.

“Total pejabat Eselon IIIa kita saat ini ada sebanyak 39 orang. Mereka semua, memiliki kesempatan yang sama. Sementara untuk Eselon IIIb yang memiliki kesempatan ada sebanyak 6 orang. Sebab sebelumnya, mereka menempati posisi eselon IIIa sebelum peleburan SKPD kemarin,”jelas Rusmanda.

Sementara itu, salah satu pejabat eselon IIIa yang tidak ingin disebutkan namanya mengaku, saat ini dirinya sedang menyiapkan berkas sesuai persyaratan yang diminta oleh Pansel. “Bukan tidak mau mendaftar tapi, sedang siapkan berkas serta siapkan makalah,”
ungkapnya. (sya)

Update