Selasa, 19 Maret 2024

Lestarikan Permainan Jong Katel

Berita Terkait

batampos.co.id – Perkumpulan Permainan Rakyat Jong Katel (PPRJK) Kecamatan Kundur Barat, menggelar lomba jong katel di Pantai Timun Teluk Dalam, Sabtu (14/1) lalu. Tidak kurang dari 175 jong katel dari berbagai daerah meramaikan permainan rakyat yang hampir pupus ini.

Tidak hanya dari Pulau Kundur, tetapi lomba jong katel pun diikuti peserta dari Pelalawan (Riau), dan Moro. Lomba dibuka Camat Kundur Barat Anjitrisno berlangsung dua hari Sabtu dan Minggu. Permainan tradisional inipun mendapat perhatian dari pengunjung.

Ketua PPRJK Adnan, mengakui banyak pencinta permainan rakyat jong katel, hanya saja selama ini kurang mendapat perhatian. Sehingga pengurus PPRJK merangkul seluruh masyarakat pecinta jong katel untuk melestarikan permaianan rakyat tersebut. Diharapkan Pemerintah Karimun melalui Dinas Pariwisata dapat memberikan tempat dan dukungan permainan rakyat jong katel di Kundur Barat.

“Alhamdulillah berkat bantuan sejumlah donatur dan patungan dari anggota juga pengurus PPRJK, perlombaan jong katel dapat terselenggara. Harapannya, perlombaan jong katel dijadikan kegiatan (iven) tahunan oleh Pemerintah Karimun. Tujuanya selain melestarikan permainan rakyat, sekaligus menjalin dan mempersatukan masyarakat,” terang Adnan yang ditemui di sela perlombaan.

Camat Kundur Barat Anjitrisno mengapresiasi masyarakat terutama pengurus dan anggota PPRJK yang telah menyelenggarakan perlombaan jong katel. Melalui perlombaan jong katel sekaligus mempormosikan wisata pantai di Kundur Barat, pemerintah kecamatan cukup mendukung.

“Kita harapkan permainan rakyat jong katel di Kundur Barat terus maju dan berkembang tidak kalah dengan permainan modern. Melalui perlombaan jong katel selain memberikan hiburan, melestarikan permainan rakyat juga meningkatkan ekonomi kerakyatan,” harapnya. (ims)

Update