Selasa, 19 Maret 2024

Pelabuhan Berhala Dibangun Tahun Ini

Berita Terkait

batampos.co.id -Lewat Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (ABPD) Kepri Tahun Anggaran (TA) 2017, Pemprov Kepri melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kepri akan menggesa pembangunan Pelabuhan Pulau Berhala, Lingga. Secara keseluruhan pembangunan infrastruktur tersebut membutuhkan anggaran Rp20,5 miliar.

“Pembangunan Pelabuhan Pulau Berhala, Lingga sudah masuk dalam perencanaan anggaran Dishub Kepri,” ujar Kepala Bidang Pelabuhan, Dishub Kepri, Aziz Kasim Djou menjawab pertanyaan Batam Pos, Selasa (17/1) di Tanjungpinang.

Menurut Aziz, pembangunan dilakukan dalam dua tahap, dikarena kemampuan anggaran yang terbatas. Masih kata Aziz, pihaknya sangat menyadari Infrastruktur pelabuhan di Pulau Berhala, Lingga merupakan sesuatu yang sangat dibutuhkan. Baik itu untuk kepentingan masyarakat maupun kepentingan pemerintah daerah. Khususnya dalam membangun akses untuk pariwisata di Pulau Berhala.

“Tahun lalu kami sudah menyiapkan Detail Engineering Design (DED). Secara keseluruhan membutuhkan anggaran sebesar Rp20,5 miliar,” papar Aziz.

Pejabat eselon III di lingkungan Pemprov Kepri tersebut juga mengatakan, harapan dengan adanya pembangunan infrastruktur itu nanti, tentunya akan mempertegas bentuk kepedulian Pemprov Kepri dalam melakukan pembangunan di Kepri,” tegas Aziz.

Terpisah, Legislator DPRD Kepri dapil Bintan-Lingga, Asep Nurdin mengatakan, pelabuhan merupakan infrastruktur yang sangat dibutuhkan bagi kesejahteraan masyarakat Pulau Berhala, Lingga.

“Kita akan dorong untuk percepatan pembangunan infrastruktur tersebut. Karena Pulau Berhala saat ini tidak memiliki pelabuhan yang representatif untuk aktivitas masyarakat disana,” ujar Asep Nurdin.

Politisi Partai Hanura Kepri tersebut mengatakan, saat ini masih dalam proses pembahasan anggaran 2017 antara Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dengan Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kepri. Dikatakannya juga, terkait pembangunan fasilitas pelabuhan Pulau Berhala, merupakan mitra komisi III, yakni Dishub Kepri.

“Ini yang akan kita dorong dengan kawan-kawan di Komisi III DPRD Kepri. Tujuan dari pembangunan adalah manfaatnya bagi masyarakat. Artinya meningkatnya kesejahteraan kepada masyarakat,” tutup Anggota Komisi III DPRD Kepri tersebut.

Seperti diketahui, Pembangunan Pelabuhan Pulau Berhala, Lingga adalah salah satu program prioritas yang disusun Gubernur Kepri, Muhammad Sani dan Wakil Gubernur Kepri, Nurdin Basirun lewat Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kepri 2016-2021. Peletakan batu pertama dilakukan langsung oleh Wakil Gubernur Kepri, Nurdin bersama Bupati Lingga, Alias Wello tahun 2016 lalu.

Detail Engineering Design (DED) Pelabuhan Berhala, Lingga sudah selesai dilakukan tahun 2015 lalu. Berdasarkan perhitungan kebutuhan anggaran sebesar Rp20 miliar. Rencananya akan mulai dilaksanakan lewat APBD Perubahan 2016 lalu. Akan tetapi kemampuan keuangan daerah tidak memadai. Pelabuhan tersebut dirancang sedemikian rupa supaya kapal perintis bisa bersandar. Sehingga pelabuhan tersebut sedikit menjorok ke laut. Adapun panjang trestle pelabuhan Pulau Berharhala sekitar 145 meter. Selain itu panjang pelabuhan 70 meter dan lebarnya enam meter.(jpg)

Update