Jumat, 19 April 2024

Torpedo Ditemukan Mengapung di Berakit

Berita Terkait

Tim WFQR Lantamal IV menemukan benda mirip torpedo di perairan Berakit, Bintan, Selasa (17/1). F.Dispen Lantamal IV

batampos.co.id – Tim Western Fleet Quick Response (WFQR) Lantamal IV bersama masyarakat Pegudang Berakit, menemukan benda mengapung mirip Torpedo atau alat deteksi bawah air berukuran kurang lebih dua meter dengan berat mencapai 300 Kg dalam kondisi berkarat di perairan Berakit Bintan, Selasa (17/1).

Danlantamal IV Laksamana Pertama TNI S. Irawan mengatakan benda yang ditemukan tersebut belum dapat dipastikan apakah Torpedo sisa perang dunia ke dua atau alat deteksi bawah air yang terbawa arus laut dan masuk ke perairan Indonesia. Diperkirakan benda temuan tersebut masih dalam kondisi aktif dan berbahaya.

“Belum bisa dipastikan Torpedo atau alat deteksi bawah air,” jelas Irawan.

Menindaklanjuti temuan tersebut, Irawan memerintahkan jajaran Pos Angkatan Laut (Posal) Berakit dibantu personel tim WFQR Lantamal IV untuk mengamankan area penemuan.

“Untuk alasan keamanan dan keselamatan, masyarakat sekitar dilarang mendekat ke area penemuan benda mirip torpedo tersebut,” paparnya.

Selanjutnya benda temuan tersebut akan dibawa ke Dinas Penelitian dan Pengembangan Angkatan Laut (Dislitbangal) di Jakarta untuk dilakukan penelitian secara mendalam.

“Hal ini dilakukan untuk mengetahui secara pasti negara manakah yang memproduksi dan mengoperasikannya,” tegasnya. (odi)

Update