Kamis, 25 April 2024

Polda Kepri Kirim 100 Brimob Amankan Pilkada Aceh

Berita Terkait

Brimob.
Foto: dokumen JPNN.Com

batampos.co.id – Polda Kepri mengirimkan sebanyak 100 orang personel Brimob untuk back up Polda Aceh dalam pengamanan Pilkada di daerah itu yang akan diselenggarakan dalam waktu dekat.  Dalam upacara pengecekan kesiapan keberangkatan Brimob pada Rabu (18/1), Kapolda Kepri Irjen Pol Sam Budigusdian menyampaikan beberapa amanatnya.

“Tumpuan harapan rakyat dalam penyelenggaraan Pikada yang aman, tertib dan damai dipercayakan kepada Polri, jagalah harapan itu. Agar pesat demokrasi berjalan sukses,” katanya pada apel Rabu (18/1) pagi itu di Mapolda Kepri.

Ia menekankan pada 100 personel brimob ini, kondisi damai pada Pilkada Aceh tak hanya dibebankan pada anggota kepolisian saja. Para personel ini diminta berkoordinasi dan bekerjasama dengan elemen masyarakat yang ada di Aceh. Selain itu, Sam meminta anggota Brimob tak hanya menjalani fungsi keamanan saja.

“Tapi juga harus sebagai pemersatu berbagai elemen masyarakat di sana (Aceh,red),” tuturnya.

Satu hal yang penting dan perlu diingat juga oleh seratus anggota Brimob adalah netralitas. Pengamanan tidak memihak pihak yang bersaing di Pilkada, tapi murni menjaga suasana yang tertib pesta demokrasi rakyat tersebut. “Keberhasilan dalam melaksanakan tugas, bila tercipta kondisi yang kondusif selama pilkada 2017 di Aceh,” ujarnya.

Sam menyampaikan juga beberapa pesan pada personel yang akan berangkat ini yakni meningkatkan keimanan dan ketaqwaan pada tuhan. Melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab, dan selalau menggunakan cara persuasif dalam setiap tindakan.”Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan guna membangun kepercayaan publik,” ucap Sam.

Ia meminta juga para personel Brimob segera menyesuaikan diri serta beradaptasi dengan lingkungan baru. Dan diminta juga menghargai adat istiadat masyarakat setempat. Para personel juga selalu menjaga sikap, prilaku selama  bertugas. Serta hindari  perbuatan   yang  dapat merusak   citra   Polri. Senantiasa menjaga fisik, stamina dan kesehatan.

“Pegang teguh disiplin dan SOP yang ada,” tuturnya.

Sam berharap para anggota yang akan berangkat memegang   teguh   prinsip   Brimob,  “sekali   melangkah pantang menyerah, sekali tampil harus berhasil, jiwa ragaku demi kemanusiaan”. (ska)

Update