Selasa, 19 Maret 2024

Lagoi Bay Lantern Park, Taman Hiburan Bernuansa Pendidikan

Berita Terkait

batampos.co.id – Gubernur Kepri, Nurdin Basirun dan Vice President PT Bintan Resort Cakrawala (BRC), Frans Gunara meresmikan Taman Lampion Lagoi Bay atau Lagoi Bay Lantern Park di Area Pinggir Pantai Lagoi Bay, Kawasan Pariwisata Lagoi, Kecamatan Teluk Sebong, Rabu (18/1) malam.

Acara peresmian yang mengusung tema Underwater World ini juga dihadiri Group General Manager (GGM) PT BRC, Abdul Wahab, GM Administrasi PT BRC, Aditya Laksamana, Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kepri, Buralimar, Kepala Dispar Bintan, Luki Zaiman Prawira, seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kepri dan Bintan serta seluruh manajemen PT BRC.

Vice President PT BRC, Frans Gunara mengatakan kunjungan wisatawan lokal dan mancanegara ke Kawasan Pariwisata Lagoi terus meningkat setiap tahunnya. Mengingat hal itu, PT BRC menciptakan inovasi baru agar kunjungan wisatawan kembali melonjak di 2017 ini. Salah satunya menyediakan Lagoi Bay Lantern Park di Area Pinggir Pantai Lagoi Bay.

“Pengunjung yang datang kesini tak hanya disuguhkan indahnya alam Lagoi. Tetapi bisa menyaksikan lampu lampion berbentuk spesies hewan laut dan darat yang berdiri megah, unik dan menarik di sebuah taman,” ujarnya.

Lagoi Bay Lantern Park ini, Kata dia, didirikan diatas lahan dekat pinggiran pantai seluas 4000 meterpersegi dengan panjang trek 300 meter. Taman yang berlantaikan rumput nan hijau itu menyediakan 21 macam replika spesies hewan laut dan darat yang berwarna-warni serta terang benderang. Seperti beragam jenis ikan-ikan, ubur-ubur, badak bercula satu, komodo, gajah dan harimau dari Sumatera, dan orangutan.

Bahkan untuk memanjakan mata pengunjung melihat replika berbagai spesies hewan tersebut, lanjutnya, disediakan terowongan menembus waktu sepanjang 14 meter. Lalu di ujung terowongan itu pengunjung akan disambut deburan gelombang balon-balon yang berterbangan.

“Memang lebih mempesona jika dilihat malam hari. Tapi tak kalah menariknya juga dikala siang hari. Kami membuka taman ini sejak pukul 17.00-22.00 WIB dari Senin-Jumat. Kalau Sabtu-Minggu dibuka sejak pukul 14.00-23.00 WIB,” bebernya.

Taman wisata lampu lampion ini, tambahnya, sangat layak dikunjungi untuk semua kalangan masyarakat. Sebab selain dapat dijadikan latar photo bareng yang menakjubkan juga bermanfaat sebagai media pembelajaraan untuk menambah ilmu pengetahuan. Itu semua dapat diperoleh dari informasi yang dipajang setiap papan-papan keterangan replika spesies hewan.

Bagi yang ingin menikmati seluruh fasilitas itu, sambungnya, tidak dibebankan biaya yang begitu besar. Cukup merogoh saku sebesar Rp 25 ribu bagi pengunjung lokal dan Rp 50 ribu untuk pengunjung dari mancanegara. Sedangkan untuk anak-anak berusia dari 3-12 tahun hanya dipatok harga Rp 15 ribu.

“Taman lampion berwarna-warni dan terang benderang yang bereplika spesies hewan ini tak hanya indah saja. Tetapi taman hiburan bernuansa edukasi,” ungkapnya.

Sedangkan Gubernur Kepri, Nurdin Basirun mengaku Lagoi Bay Lantern Park itu merupakan inovasi baru dan andal yang diciptakan PT BRC. Bahkan ide cemerlang ini dipercayainya mampu meningkatkan angka kunjungan wisatawan mancanegara dan lokal yang ditargetkan tahun ini sebanyak tiga juta pelancong.

“Kami akan terus mendukung PT BRC memajukan objek wisata di Kepri. Bahkan kami yakin Kepri akan lebih dikenal dengan hadirnya Lagoi. Sebab pengembang sektor pariwisata di kawasan ini memiliki inovasi-inovasi yang menakjubkan,” ungkapnya.

Nurdin meminta kepada seluruh instansi terkait yang mengurusi bidang-bidang perizinan dan lainnya di Pemkab Bintan maupun Pemprov Kepri dukung seluruh kebutuhan PT BRC. Sebab perusahaan ini telah memberikan kontribusi besar bagi pemerintah daerah (pemda) dalam sektor Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Ingat saya minta jangan persulit kebutuhan yang diperlukan PT BRC. Sebab perusahaan inilah sebagi ujung tombak kepariwisataan di Kepri bahkan juga Pemerintah Pusat,” pungkasnya. (ary)

Update