Rabu, 17 April 2024

Damri Layani Trayek Lingga Timur

Berita Terkait

 

batampos.co.id – Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Lingga, Yusrizal, memastikan dua unit bus Damri akan tiba pekan depan di Kabupaten Lingga untuk melayani masyarakat Tanah Bunda Melayu. Dua bus tersebut nantinya akan menempuh trayek seputar wilayah Lingga Timur menuju ibukota Lingga, mencakup Desa Teluk, Belungkur, Sungai Pinang, Centeng, Keton, Pekaka, Limbung, Kerandin dan sekitarnya.

“Untuk awal ini Damri akan operasi di Lingga, tapi tidak menutup kemungkinan kalau diperlukan juga akan beroperasi di Pulau Singkep,” ujar Yusrizal ketika dimintai keterangan, Jumat (20/1) siang.

Terlebih, sambung Yusrizal, kapal penyeberangan Roro Dabo – Tanjungbuton telah berjalan maksimal sehingga Damri sewaktu-waktu dapat dipindahkan ke Pulau Singkep.

Namun sebelum Damri beroperasi di Pulau Singkep, lebih lanjut Yusrizal akan membenahi transportasi umum darat yang ada saat ini. Dia berencana akan mendata seluruh organisasi transportasi umum darat serta menggandeng mereka untuk mengikuti aturan yang ada, seperti merubah plat angkutan menjadi kuning.

Dua unit Damri yang akan beroperasi di Daik Lingga ini, menurut Yusrizal sangat membantu masyarakat dari segi tarif yang terbilang murah. Yusrizal memperkirakan kisaran ongkos yang dikenakan hanya sebesar Rp 15 ribu hingga Rp 20 ribu saja.

“Untuk penumpang yang berusia sekolah tentunya lebih murah. Bisa saja 50 persen di bawah ongkos penumpang umum,” terang Yusrizal.

Selain itu, Yusrizal juga mengatakan keberadaan Damri ini juga sebagai solusi mengatasi masalah transportasi darat yang tergolong masih minim saat ini, khususnya di kawasan Pulau Daik sebagai mana rute yang akan dilalui bus Damri tersebut.

Bantuan dua unit Damri ini akan tetap dikelola oleh Perusahaan Umum Badan Usaha Milik Negara. Untuk itu, mereka juga telah melakukan suvei trayek dan lokasi sebagai data pendukung serta jawaban untuk permohonan yang diajukan Dishub Kabupaten Lingga. (wsa)

Update