Selasa, 19 Maret 2024

Tol Laut Berlayar Lagi ke Natuna

Berita Terkait

batampos.co.id – Kapal Tol Laut dipastikan akan kembali berlayar melayani rute ke Natuna dari Periok akhir bulan Januari ini.

Kepala Bidang Perindustrian dan Perdagangan Disperindag dan UKM Pemkab Natuna Wan Andriko mengatakan, Pemerintah Daerah sudah menerima informasi resmi dari Pelni. Kapal Tol Laut akan tiba di Pelabuhan Selat Lampa pada 24 Januari ini.

“Tanggal 21 Januari ini Kapal Tol Laut sudah bergerak dari Periok. Jadi tanggal 24 Januari tiba di Pelabuhan Selat Lampa,” kata Andriko, Jumat (20/1).

Informasi yang diterima kata Andriko, kapal Tol Laut akan melayani rute ke Natuna setiap 11 hari sekali dalam sebulan. Namu rute kali ini sepertinya tidak singgah di Anambas.

“Jadi rutenya dari Periok langsung ke Natuna. Tak singgah lagi di Anambas,” jelas Andriko.

Pelayaran perdana tahun ini kata Andriko, kapal Tol Laut membawa muatan 4 ton beras dan 30 ton bahan kebutuhan pokok milik PT MTI.

Diharapkan Pemerintah Daerah kata Andriko, kapal Tol Laut menjadi alat jasa angkutan barang yang sangat bermanfaat, untuk menekan disparitas harga di Natuna.

Apalagi saat ini Pemerintah Daerah sudah menerima informasi pasti terkait keberangkatan kapal Tol Laut ke Natuna dengan rute Tanjung Periok. Dan menjadi informasi kepada masyarakat pelaku usaha.

Menurutnya, untuk jadwal perdana ini akan sedikit masyarakat yang akan menggunakan jasa Tol Laut. Karena masyarakat membutuhkan jadwal pasti, sementara Kapal Tol Laut sempat istirahat sebelumnya karena urusan kelengkapan administrasi.

“Dampak tidak berlayarnya kapal Tol Laut kemarin, belum terlihat. Karena terakhir bulan Desember masih berlayar. Jadi stok barang maupun kebutuhan pokok masih tersedia,” ujar Andriko.(arn)

Update