Jumat, 29 Maret 2024

Dokumen Pertama yang Ditandatangani Donald

Berita Terkait

Donald Trump menandatangani dokumen di Oval Office Gedung Putih. (AP)

batampos.co.id – Donald Trump menandatangani perintah eksekutif untuk mereformasi kebijakan kesehatan peninggalan Barack Obama.

Itulah tugas pertama Trump sebagai presiden.

Memang, salah satu janji politiknya adalah menyelesaikan hambatan perekonomian dari kebijakan yang dikenal dengan sebutan Obamacare itu.

Dalam pidato perdananya sebagai presiden pada Jumat (20/1), Trump mengungkapkan kembali janji-janji saat kampanye. Salah satunya menjadikan Amerika yang pertama.

Penandatanganan itu dilakukan di Oval Office Gedung Putih dan berlangsung usai pelantikannya. Setelah itu, Trump menghadiri pesta inagurasi bersama Melania dan keluarga besarnya.

Setelah ini, tugas Trump masih sangat banyak. Salah satunya menentukan susunan kabinet. Dari nama-nama yang berkembang, dua sudah pasti menjadi bagian tim kabinetnya. Trump sudah menandatangai perintah untuk menunjuk James “Mad Dog” Mattis sebagai menteri pertahanan dan John Kelly sebagai Menteri Keamanan Dalam Negeri.

”Ada hambatan dari kelompok tertentu di Senat AS,” kata Sean Spicer, jubir kepresidenan. Hambatan yang dimaksud adalah politikus Partai Demokrat di Senat. Menurut politikus 45 tahun tersebut, Demokrat sengaja mengulur-ulur waktu agar kabinet Trump tidak segera terwujud. Padahal, sebenarnya Senat siap merestui tujuh di antara total 21 kandidat yang diajukan Trump.

Selain Kelly dan Mattis, Trump semula optimistis Rex Tillerson lolos dalam wawancara Senat. Suami Melania Knauss itu menggadang-gadang pebisnis yang juga teman baiknya tersebut menjadi menteri luar negeri. Namun, pengalaman nihil Tillerson pada bidang politik membuat Senat meragukan mantan bos ExxonMobil itu. Apalagi, pria 64 tahun tersebut punya sejarah mesra dengan Rusia. (BBC/CNN/tia)

Update