Jumat, 29 Maret 2024

Dishub Tambah 5 Bus Trans Batam

Berita Terkait

Bus trans Batam saat diturunkan dari kapal di Pelabuhan Kargo Batuampar. Foto: Bos/facebook/wajah batam

batampos.co.id – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batam menambah lima bus trans Batam di Tahun 2017 ini. Penambahan bus tersebut ditujukan guna menghubungkan jalur baru, Nongsa dan Punggur.

“Ada penambahan lima unit bus baru,” ujar Kepala Dishub Kota Batam Yusfa Hendri, saat menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi III DPRD Batam, beberapa waktu lalu.

Penambahan transportasi massal tersebut dijelaskan Yusfa sebagai upaya perbaikan pelayanan bagi warga Batam. Ia melihat akses angkutan kota di wilayah Nongsa Punggur tersebut masih sangat minim.

“Kelima bus ini untuk memback up wilayah tersebut. Saat ini armada bus trans Batam kita 59 unit akan ditambah menjadi 64 unit,” terang Yusfa.

Selain angkutan darat, lanjutnya, dishub juga akan menambah tiga speed boat menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK). Artinya saat ini sudah ada tujuh speed yang melayani masyarakat hinterland.

Selain itu, dari program yang diusulkan dishub. Ada namanya pembiayaan sertifikat surat keterangan kecakapan. Semacam SIM untuk pengemudi pancung, yang dianggarakan Rp 300 juta dari dana IMTA. (rng)

Update