Selasa, 19 Maret 2024

Jelang Imlek, Belum Ada Lonjakan Penumpang

Berita Terkait

batampos.co.id – Menjelang Tahun Baru Imlek Sabtu (28/1) pekan ini, situasi dan kondisi arus penumpang yang berangkat atau datang dari luar daerah melalui pelabuhan domestik dan internasiuonal Tanjungbalai Karimun masih terlihat sepi.

”Tahun Baru Imlek 2568/ 2017 masih satu pekan lagi, sampai dengan hari ini (kemarin, red) belum ada lonjakan arus keberangkatan dan kedatangan penumpang di pelabuhan kita. Baik, yang berasal dari luar negeri dan juga dalam negeri. Semuanya masih terlihat normal. Kemungkinan, lonjakkan penumpang baru akan terjadi dua atau tidak hari menjelang Imlek,” ujar Kepala Seksi Penjegaan dan Keselamatan Pelayaran KSOP Tanjungbalai Karimun, Syahrinaldi kepada Batam Pos, kemarin.

Dengan situasi dan kondisi arus penumpang yang masih normal, kata Syahrinaldi, maka untuk saat ini belum ada operator atau perusahaan pelayaran yang mengajukan permohonan untuk penambahan kapal secara resmi untuk mengangkut penumpang. Hanya saja, jika melihat pada tahun-tahun sebelumnya, memang semakin mendekati Imlek akan ada pengajuan penambahan kapal untuk mengangkut penumpang. Khususnya tujuan ke Selatpanjang dan Riau daratan lainnya.

”Kalau kapal tambahan memang belum ada yang mengajukannya secara resmi, melainkan baru sebatas pembicaraan biasa saja. Tapi, kalau kita melihat tahun lalu itu ada perusahaan kapal yang mengajukan, sehingga tidak menutup kemungkminan tahun ini juga ada penambahan. Sebab, biasanya warga Selatpanjang dari Malaysia dua atau tiga hari menjelang Imlek mulai tiba di Karimun. Dan, kalau sudah ramai, maka akan ada penambahan kapal. (san)

Update