Jumat, 29 Maret 2024

Pohon Tumbang Jalan Dikomplek Bincen Macet

Berita Terkait

batampos.co.id – Satu pohon tumbang ke jalan di komplek pertokoan Bintan Center,M (Bincen), Minggu (22/1) sekitar pukul 12.40 WIB. Tidak ada korban dalam peristiwa tersebut. Namun, arus lalulintas di sekitar lokasi terpaksa dialihkan karena menyebabkan macet.

Informasi yang dihimpun, tumbangnya pohon jenis Angsana tersebut karena kondisinya memang sudah lapuk. Masih informasi di lapangan, saat kejadian ada salah satu kendaraan roda empat yang terparkir di sekitar lokasi, beruntung mobil tersebut tidak tertimpa pohon yang tumbang itu.

Salah seorang pengendara motor, Berto, yang ditemui di lokasi, mengatakan ia tidak mengetahui pasti penyebab tumbangnya pohon itu. Kejadian itu, diketahui ketika hendak melintas di jalan itu.

“Pas saya dari SPBU baru itu, nak pulang ke rumah lewat sini. Tak tau nya tak bisa lewat, karena ditutup jalan ada pohon tumbang,” ujar warga yang mengaku tinggal di batu Sembilan itu.

Terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanjungpinang, Agustiawan mengatakan diduga tumbangnya pohon tersebut karena sudah lapuk. Sebab, saat tumbang tidak ada angin kencang.

“Mungkin bagian dalamnya di makan rayap dan lapuk. Makanya tak kuat lagi menahan beban jadi tumbang ke jalan pohon itu,”ujar Agustiawan.

Dikatakan Agustiawan, pihaknya pun sempat menutup sementara jalan di lokasi tumbang nya pohon itu. Sebab, arus lalulintas di sekitar lokasi macet karena ramainya kendaraan lalu lintas hilir mudik.

“Kami lintangkan mobil damkar dan alihkan arus lalulintas disekitar lokasi. Untuk mempermudah evakuasi pohon yang tumbang ke jalan itu,”kata Agustiawan.

Dijelaskan Agustiawan, pihaknya bersama dinas Kebersihan langsung melakukan evakuasi pohon dengan cara memotong pohon, agar akses jalan diseputaran tersebut bisa kembali dilalui pengguna jalan.

“Iya sama dinas Kebersihan, kami langsung bersihkan dan potong pohon itu. Soalnya ini akses jalan masyarakat menuju pertokoan yang ada di Bintan Center ini,”ucap Agus.

Agustiawan pun mengimbau, kepada pengendara baik roda dua dan empat untuk berhati-hati saat berkendara di hari hujan dan angin kencang karena dapat membahayakan pengendara itu sendiri.

“Kalau bisa dihindari berkendara saat hujan dan angin kencang. Soalnya bahaya itu kalau tiba-tiba ada pohon tumbang atau kejadian yang lainnya,”pungkas Agustiawan. (ias)

Update