Selasa, 19 Maret 2024

Waspada Gelombang 4,5 Meter di Laut Natuna

Berita Terkait

batampos.co.id – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Ranai mengeluarkan peringatan dini kepada nelayan lokal di Natuna, tinggi gelombang laut mencapai 4,5 Meter.

Perakirawan BMKG Ranai Demetrius Christian mengatakan, saat ini gelombang laut tidak bersahat utuk ekatifitas nelayan tradisional. Diharapkan khususnya nelayan waspada jika melaut.

Dikatakannya, peluang terjadi gelombang tinggi pada waktu dini hari. Ketinggiannya mencapai 4,5 meter. Malam hari antara 1 meter hingga 4 meter. Pagi dan siang hari antara 3,5 meter.

“Masyarakat nelayan mesti waspada, gelombang Natuna saat ini bisa mencapai 4,5 meter,” imbau Demetrus, Minggu (22/1).

Menurutnya, tinggi gelombang maksimum mencapai 2,5 meter hingga 4 meter, berpeluang terjadi di Laut Cina Selatan bagian Utara Natuna, perairan Kepulauan Natuna serta Anambas dan Laut Natuna Bagian Utara.

Sementara kondisi katanya, berpotensi hujan ringan terjadi beberapa wilayah sepertu, Midai, Subi, Serasan, Pulau Laut dan Teluk Buton.

“Siang dan sore hari berpotensi hujan ringan sampai sedang terjadi hampir di seluruh wilayah Natuna dengan probabilitas 50 sampai 60 persen,” ujar Demetrus.

Dikatakanya, secara umum kondisi awan rendah dan menengah masih cukup banyak pada siang, sore dan malam hari, potensi hujan bersifat lokal masih ada dan kadang disertai guntur dan petir di wilayah Natuna. Tiupan angin sambungnya, masih dari Utara bertiup ke Timur Laut dengan kecepatan 35 kilo meter pee jam.

Tingginya gelombang yang terjadi di perairan Natuna saat menyebabkan nelayan banyak tidak melaut. Stok ikan segar pun terbatas.(arn)

Update