Jumat, 29 Maret 2024

1,7 Persen Orang di Dunia Alami Interseks

Berita Terkait

Hanne Gaby Odiele. (Instagram Hanne Gaby Odiele)

batampos.co.id – Supermodel Hanne Gaby Odiele , 29, menyatakan dirinya sebagai interseks.

Odiele berharap, pengakuan ini bisa membuat interseks lain mengungkap jati diri mereka.

Interseks adalah orang yang lahir dengan jenis kelamin di antara perempuan dan lelaki. Mereka punya karakteristik keduanya. Berdasar PBB, dari populasi dunia ada 1,7 persen orang dengan interseks.

Dalam kasus Odiele, dia lahir dengan testis yang belum berkembang. Saat usianya 10 tahun dokter mengambil testis itu karena khawatir menyebabkan kanker.

Perempuan asli Belgia itu lahir dengan androgen insensitivity syndrome (AIS). Sindrom itu menyebabkan anak perempuan memiliki kromosom XY yang umumnya ditemukan pada anak lelaki.

”Sangat penting bagi saya untuk mengungkapkan tabu ini,” katanya kepada USA Today seperti dilansir BBC. “Saat ini, hari ini, diusia ini, adalah masa yang sempurna untuk membicarakan mengenai ini.”

Dipaparkan Odiele, setelah operasi, dia sadar dia tidak akan punya anak atau datang bulan.

”Saya tahu ada yang salah dengan saya,” sambungnya. Saat usianya 18 tahun, Odiele melakukan operasi rekonstruksi vagina.

Namun, alih-alih merasa nyaman, prosedur itu malah membuatnya stress. Karenanya, dia ingin berdiskusi dengan banyak pihak, terutama orang tua agar tidak melakukan operasi yang tidak penting pada anak mereka.

”Bukan masalah besar menjadi interseks. Kalau mereka jujur sejak awal. Jika tidak, hal ini akan menyebabkan trauma,” sambungnya.

Suami Odiele, John Swiatek, yang juga model mengatakan dia sangat bangga dengan istrinya karena sudah terbuka.

”Saya sangat bangga dengan keputusannya menjadi perwakilan bagi anak-anak interseks. Itu adalah kesempatan bagi mereka menentukan apa yang hendak mereka lakukan untuk tubuh mereka sendiri,” kata Swiatek.

”Jadi, anak-anak itu tidak akan mendapatkan informasi yang sesat dan kesempatan yang terbatas untuk membicarakan mengenai masalah ini,” tutupnya.(*/tia)

Update