Jumat, 19 April 2024

Disduk Ajukan Anggaran Pembuatan KIA

Berita Terkait

Kantor Disdukcapil warga mengurus administrasi kependudukan, foto : Tri/batampos.

batampos.co.id – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Karimun, akan membuat Kartu Identitas Anak (KIA) sebanyak 50 ribu kartu. Ini sesuai program Kementerian Kependudukan dan Catatan Sipil, di mana tahun 2018 mendatang secara Nasional harus sudah menerapkan KIA di masing-masing kabupaten/kota se Indonesia.

“Yang sudah kita data saat ini mencapai 150 ribu anak se Kabupaten Karimun harus mempunyai KIA. Namun, untuk tahap pertama, 50 ribu dulu, dan akan dianggarkan di APBD-P nanti dananya,” jelas Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Muhammad Tahar, Rabu (25/1).

Dikatakan, saat ini pihaknya sedang mempersiapan administrasinya maupun peratalan untuk mencetak KIA. Sehingga, bisa diajukan di APBD-P nanti yang langsung dilakukan sosialisasi kepada masyarakat luar mengenai program KIA. Terutama kepada anak- anak usia sekolah, sedangkan untuk balita akan menjadi prioritas selanjutnya.

“Pemberlakukan KIA sudah ada di beberapa daerah. Namun yang wajib berlaku di tahun depan, untuk itu semua keperluan kita siapkan secara matang,” ungkapnya.
Sedangkan, untuk mendapatkan KIA dimulai dari anak usia 0-17 tahun, dengan persyaratan harus memiliki akta kelahiran. Dan sudah melakukan pendataan di 12 kecamatan untuk mendapatkan kartu KIA. Tujuannya tidak lain sebagai identitas anak sejak dini, sehingga ketika sudah memasuki dewasa bisa langsung mengurus KTP tanpa mengubah identitas.

“Fungsinya KIA sangat banyak, salah satunya ketika mengalami musibah diusia segitu. Bisa langsung teridentivikasi, alamat, anak siapa dan golongan darah,” kata Tahar lagi.
Pantauan di kantor Disduk dan Capil Karimun, warga antre mengurus berbagai administrasi seperti KTP, KK, akte kelahiran, surat keterangan pindah dan sebagainya.
“Belum tau itu informasi KIA. Tapi kalau ada baguslah, sebab anak saya sudah masuk sekolah dasar,” singkat Rani, salah seorang ibu rumah tangga ketika mengurus KK. (tri)

Update