Kamis, 25 April 2024

Kembangkan Kreativitas Siswa dengan Pameran Daur Ulang

Berita Terkait

batampos.co.id – Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Toapaya menggelar pameran daur ulang aneka barang bekas yang disulap menjadi kerajinan tangan yang unik dan menarik bersama sekolah binaan Adiwiyata, di Aula SMAN 1 Toapaya, Rabu (25/1).

Diantaranya, Sekolah Dasar (SD) Negeri 002 Toapaya, SDN 003 Toapaya, SDN 004 Toapaya, SDN 005 satu atap Gunung Kijang, SMPN 27 Bintan satu atap Gunung Kijang, SDN 008 satu atap pulau pucung, SMPN 20 satu atap Pulau Pucung, dan SDN 001 Toapaya.

Seluruh kerajinan tangan yang dipamerkan ini memiliki bentuk yang unik dan cantik, seperti tas dari pipet, bunga dari kulit jagung, sendal dari koran, tatakan priok dari lidi, toples dari koran, miniatur perahu dari kelapa, miniatur rumah dari stik dan lainnya.

Kepala Sekolah SMAN 1 Toapaya, Syafridas, mengatakan pameran ini merupakan kegiatan yang bertujuan untuk mengembangkan kreativitas siswa dalam membuat keterampilan dengan memanfaatkan barang bekas menjadi sesuatu yang bernilai seni tinggi dan bisa dipakai dikehidupan sehari-hari.

“Manfaat daur ulang ini bisa memberikan banyak keuntungan. Selain pola berpikir siswa lebih kreatif, tentunya juga akan mewujudkan lingkungan sekolah yang sehat dan bersih,” terangnya.

Syafridas menuturkan sebelumnya sekolah ini sudah pernah mendapatkan penghargaan prestasi nasional Adiwiyata, dan dengan adanya pameran ini, pihaknya juga akan kembali mengikuti jenjang untuk meraih penghargaan yang lebih tinggi lagi, yakni penghargaan Adiwiyata Mandiri.

Guru Pembina Palang Merah Remaja (PMR) dan Siswa Peduli Lingkungan (SPL) SMAN1 Toapaya, Eemi Rubiani mengatakan sekolah ini juga sudah menciptakan ide baru untuk mewujudkan sekolah yang bersih dan sehat, yakni Green Water Hexagonal Alkali adalah air minum yang akan dikonsumsi seluruh siswa 5 Februari mendatang.

“Ini ide baru yang timbul karena melihat kondisi jajanan diluar semakin tidak sehat, dan higienis untuk dikonsumsi, seperti minuman gelas yang dijual bebas,” jelasnya.

Dia menuturkan minuman alkali ini juga sudah dites melalui laboratorium, sehingga tingkat keamanan untuk dikonsumsi sehari-hari dipastikan aman.

“Air ini pun sudah memiliki sertifikat dari Dinas Kesehatan, dan sehat untuk diminum setiap hari, ” terangnya.

Eemi berharap dengan adanya minuman alkali ini diharapkan kesehatan anak bisa terjaga setiap hari, sehingga anak pun bisa berpikir kreatif untuk menciptakan suatu karya yang bisa dibanggakan oleh semua orang.

“Kesehatan merupakan hal penting yang harus diutamakan. Kalau anak tidak sehat gimana dia bisa mengembangkan kreativitasnya untuk belajar,” tutupnya. (cr20)

Update