Jumat, 29 Maret 2024

Puncak Arus Mudik Imlek, Ribuan Penumpang Padati Pelabuhan

Berita Terkait

Calon penumpang kapal fery memadati pelabuhan Domestik Sekupang, kamis (26/1). Kepadatan penumpang karena banyak warga Tionghoa Batam pulang kampung untuk merayakat Imlek. F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Dua hari menjelang perayaan Tahun Baru Imlek 2568 yang jatuh pada Sabtu (28/1) esok. Aktifitas di Pelabuhan Domestik Sekupang sudah mulai terlihat ramai  oleh pemudik yang hendak menghabiskan waktu libur Imlek bersama keluarga di kampung halaman.

Bahkan, karena rasa tidak sabar ingin cepat tiba di kampung halaman, ratusan penumpang berdesakan di pintu pengecekan tiket sebelum menuju kapal. Calon penumpang telihat berdiri dan enggan duduk di kursi yang telah disediakan pengelola PDS.

Tidak sedikit dari mereka yang merasa gerah, karena berdesakan, bahkan menggunakan tiket sebagai kipas sebagai pengusir rasa gerah.

“Anak- anak dan ibu hamil silahkan masuk,” imbau petugas penegecekan tiket keberangkatan, Listom.

Koordinator PDS, Raja Zulkifli mengatakan hari ini (kemarin, red) merupakan puncak arus mudik imlek. Diperkirakan hingga sore hari lebih dari lima ribu penumpang akan berangkat ke luar Batam.

“Antrean penumpang sudah terjadi sejak pukul 06.00 WIB. Dari tadi pagi sudah ada lebih dari tiga ribu penumpang yang telah berangkat, kemungkinan bertambah,” sebut Raja.

Untuk armada sendiri, dia menjelaskan masing-masing operator telah menyiapkan armada cadangan, dan penambaha jadwal. Kapal dengan tujuan pulau dekat dari Batam, bisa pulang dan pergi untuk melayani penumpang yang membludak.

“Jadi mereka selesai turunkan penumpang, langsung balik ke Batam lagi,” sebut dia.

Untuk keselamatan penumpang, pihaknya besama anggota juga memastikan kapal mengangkut penumpang sesuai dengan kapasitas kapal. “Jangan sampai kelebihan, termasuk kesiapan jaket pelampung. Semua harus siap,” ucapnya.

Dia menambahkan, kebanyakan penumpang berangkat tujuan Tanjungbalai, Tanjungbatu, dan Dumai.

Sementara itu di ruang tunggu keberangkatan, terdapat beberapa petugas dari Puskesmas Sekupang yang melakuka pemeriksanaan kesehatan calon penumpang.

“Ada pemeriksaan dan pemberian obat gratis, bagi calon penumpang yang kurang sehat,” kata salah seorang petugas. (cr17)

Update