Rabu, 24 April 2024

Sektor Pertambangan dan Otomotif Diprediksi Tumbuh Pesat

Berita Terkait

batampos.co.id – Hari ini, Kamis (27/1) adalah hari terakhir pada Tahun Monyet Api 2567. Dan Sabtu (28/1) besok sudah masuk tahun baru warga Tionghoa atau Imlek (Sincia) 2568 yang disimbolkan dengan Shio Ayam Api. Sejumlah pakar fengsui meramalkan, secara umum kondisi ekonomi di Tahun Ayam Api akan jauh lebih baik dari tahun sebelumnya.

Menurut pakar fengsui Budiyono Tantrayoga, di antara sektor ekonomi yang akan tumbuh pesat pada Tahun Ayam Api adalah sektor otomotif. Pembelian mobil kelas bawah akan cukup bagus mengikuti pertumbuhan pasar mobil mewah yang juga diprediksi tumbuh secara signifikan.

Pria yang akrab disebut Suhu Tan ini menyebut, elemen baik juga terlihat di sektor perbankan. Dinamika pergerakan uang bakal lebih baik karena keberhasilan program pemerintah di tahun sebelumnya. Misalnya program amnesti pajak pada Tahun Monyet Api.

Namun, sektor properti diperkirakan belum tumbuh terlalu baik. Terutama proyek-proyek properti yang digarap pengembang kelas menengah ke bawah. Karenanya, para pengusaha di sektor properti disarankan lebih hati-hati.

’’Omzet pembangunan yang dikerjakan pengembang yang hanya memiliki unit sedikit, agak seret,’’ ujar Suhu Tan.

Mendung juga diprediksi terjadi di sektor pertambangan dan perkebunan. Meski ada sejumlah komoditas yang terangkat elemen api seperti batu-bara dan pertambangan logam, sektor perkebunan yang elemen tanahnya besar justru diperkirakan kembali seret. ’’Harga karet dan sawit cenderung melemah dan tidak bagus,’’ ungkapnya.

Namun secara umum, Tahun Ayam Api akan membawa keteduhan pada situasi politik yang ingar-bingar selama Tahun Monyet Api. Artinya, hal-hal yang berpotensi menimbulkan amukan massa, amarah, dan anarkisme tidak terlalu kuat.

’’Kalaupun ada, sifatnya hanya letupan api kecil yang tidak membuat logam rusak,’’ katanya.

Konsultan fengsui Taning Yandono dari Qualife-Fengshui menilai, pada Tahun Ayam Api delapan arah mata angin dialiri energi negatif. Terutama pada awal tahun, yakni Februari hingga Agustus. Karena kondisi ketidakpastian sedang menguat, pebisnis disarankan lebih berhati-hati menjalankan usaha. Jika ingin bekerja sama atau mengembangkan bisnis, prospek dan peluangnya harus dipelajari betul.

“Jangan sembarangan membuat keputusan,” tutur pria 54 tahun tersebut.

Bidang usaha yang akan sukses pada Tahun Ayam Api mengandung elemen logam. Misalnya, pertambangan, dunia medis Barat, keuangan, otomotif, dan barang bekas.

“Logam kan tahan dengan api. Jadi, secara elemen, logam paling kuat dan resistan,’’ jelas Taning.

Jenis bisnis yang juga diperkirakan sukses pada Tahun Ayam Api mengandung elemen api. Misalnya, restoran, teknologi, serta industri kreatif. ’’Namun, karena terlalu banyak unsur apinya, usaha bisa jadi kurang terkontrol dan tidak bisa sesukses elemen logam,’’ terang Taning.

Bidang usaha dengan elemen tanah bakal mengalami sedikit kelambatan pada awal tahun. Sebab, elemen tanah bisa dibilang cukup lemah pada tahun berelemen api. Misalnya, properti dan jual beli tanah. ’’Tax amnesty dan naiknya harga tanah membuat daya beli konsumen menurun sehingga bidang usaha elemen tanah sedikit tersendat,’’ papar Taning.

Tetapi, Taning memproyeksikan bidang usaha dengan elemen tanah yang kuat akan mulai normal pada Oktober. Saat itu, katanya, elemen tanah mendapatkan energi baik.

Tahun Ayam Api juga tidak cukup bagus untuk usaha yang kental dengan elemen air dan kayu. Bidang usaha yang akrab dengan elemen air, antara lain, transportasi, traveling, ekspor-impor, dan distributor. Elemen kayu mencakup pertanian, bahan makanan, perdagangan, dan industri garmen. Walau demikian, para pelaku usaha di dua elemen itu tidak perlu cemas. Sebab, memasuki semester kedua 2017 atau sekitar Juni dan Juli, dua elemen tersebut mampu berkembang lagi dan menyesuaikan kondisi.

Selain elemen, shio atau zodiak Tionghoa bersimbol hewan menjadi peruntungan untuk keberuntungan, kesehatan, dan cinta. Pada Tahun Ayam Api, shio yang bakal memperoleh keberuntungan adalah naga, macan, ular, dan anjing.

“Perhitungannya dilihat dari relasi shio, bukan karakteristik hewan yang disimbolkan,” kata Taning.

Naga dan ular merupakan shio yang harmonis dengan ayam. Karena itu, Tahun Ayam memberikan aliran energi positif bagi mereka dengan Shio Naga dan Ular. Mereka lebih bersemangat, rajin, dan mendapatkan dukungan.

’’Tubuh pun lebih sehat, pekerjaan makin lancar. Urusan hati dan asmara bisa dijalankan dengan baik,’’ ujar Taning.

Selain naga dan ular, Shio Macan akan menjadi shio yang beruntung. Macan mengandung elemen kayu dan api sehingga cocok dengan elemen tahun ini. Demikian pula Shio Anjing yang mengandung elemen api.

’’Kalau elemennya sama dengan tahun, energi positif bakal lebih mudah mengalir,’’ ucap Taning.

Tiga shio yang peruntungannya kurang baik tahun ini adalah kambing, kerbau, dan monyet. Kambing tidak harmonis dengan ayam sehingga peruntungan tahun ini tidak besar.

’’Kerbau sebenarnya cukup harmonis dengan ayam. Namun, pada Tahun Ayam Api ini, aliran energi positifnya agak tersendat,’’ jelas Taning.

Hal yang sama berlaku untuk Shio Monyet. Orang Shio Monyet lebih sering menghadapi gangguan emosi dan kejiwaan. Mereka yang Shio Babi diprediksi memiliki peruntungan yang sedang-sedang saja. Babi merupakan shio yang tidak harmonis dengan ayam. Selain itu, orang Shio Babi cenderung melakukan hal yang teledor dan tidak perlu. Bukan hanya bisnis yang bisa celaka, melainkan juga kesehatan dan asmara. ’’Kalau kebiasaan itu tidak diubah, akan sulit sendiri,’’ ujar Taning.

Ada empat shio yang diramal ditimpa kesialan tahun ini. Yakni, kelinci, ayam, kuda, dan tikus. Kelinci sangat tidak harmonis dengan ayam sehingga banyak menemui masalah kesehatan, bisnis, maupun asmara. Untuk ayam, karena tahun ini juga ayam, kekuatannya sangat besar sehingga kurang bisa mengontrol diri. “Kalau kuda, elemennya api. Sebenarnya sih bagus. Hanya, tempat tinggal orang Shio Kuda cenderung dialiri energi negatif pada tahun ini,” jelas Taning.

Sementara itu, orang Shio Tikus akan mengalami banyak masalah asmara. Energi asmara Shio Tikus bakal meningkat sehingga harus dikendalikan.

“Kalau tidak bisa mengendalikan perasaan asmara, kan juga tidak baik untuk relasi atau hubungan dengan pasangan,” ujar Taning.

Pria yang juga pengajar fengsui di kawasan Harmoni, Jakarta Utara, itu tetap mengingatkan bahwa penjelasan shio dan fengsui hanya kecenderungan.

“Perhitungannya sangat detail bagi setiap orang dan bisa saja berbeda jika orang itu dapat memperbaiki diri,” jelasnya. (glo/len/jpgrup)

Update