Jumat, 29 Maret 2024

3.500 Orang Keluar Batam Lewat Sekupang

Berita Terkait

Calon penumpang kapal fery memadati pelabuhan Domestik Sekupang, kamis (26/1). Kepadatan penumpang karena banyak warga Tionghoa Batam pulang kampung untuk merayakat Imlek. F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Sehari pasca Imlek jumlah penumpang yang berangkat dari Pelabuhan Domestik Sekupang masih padat. Diperkirakan jumlah penumpang yang keluar Batam kemarin berkisar sekitar 3500 orang.

Ratusan orang terlihat antre dan berbondong-bondong disekitar Pelabuhan Domestik Sekupang, kemarin siang. Sebagian dari mereka pun rela berdiri karena tidak mendapat tempat duduk di ruang tunggu.

Asna, warga Baloi mengaku baru bisa pulang ke Selat Panjang hari itu karena masih ada pekerjaan. Namun setelah urusan selesai, ia besama suami dan dua anaknya pun memutuskan untuk melihat keluarga di Selat Panjang.

“Setiap Imlek pasti pulang, tahun ini memang agak telat karena ada yang diurus. Kalau untuk balik kesini lagi, belum tahu,” jelas Asna kepada wartawan.

Syahbadar Pelabuhan Domestik Sekupang, Raja Zulkifli mengatakan jumlah penumpang yang berangkat dari sana masih padat. Namun jika dibandingkan hari H (Imlek), jumlah penumpang sudah mengalami sedikit penurunan. Rata-rata tujuan penumpang adalah, Selat Panjang, Tanjungbalai Karimun, Dumai, Moro  dan Tanjung Batu.

“Masih padat untuk keberangkatan, namun sedikit berkurang dibandingkan hari H imlek. Padatnya hanya untuk beberapa daerah, yang mayoritas banyak orang Thionghoanya,” terangnya.

Menurut dia, dari catatan sementara diperkirakan jumlah penumpang yang keluar Batam melalui Pelabuhan Domestik berkisar 3500 orang. Yang sedikit mengalami penurunan dibandingkan hari H sekitar 5000 penumpang.

“Meski padat, tak ada penambahan kapal. Hanya saja setiap kapal yang berangkat penuh. Sore ini saja (kemarin, red), kapal ke Karimun penuh, jumlah penumpang 150 orang,” imbuh Raja

Dikatakannya, arus balik penumpang pasca imlek diperkirakan akan terjadi hari ini. Sebagian armada juga melakukan penambahan jadwal keberangkatan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang.

“Diperkirakan besok (hari ini, red). Soalnya sudah masuk waktu kerja,” sebut Raja. (she)

Update