Jumat, 29 Maret 2024

Buah di Batam Disuplai oleh Negara Tetangga

Berita Terkait

.
foto: beki subechi / jawa pos

batampos.co.id – China, Thailand, Bangladesh, New Zealand serta Afrika Selatan ialah negara yang menyuplai buah ke Batam.

Produk- produk tersebut, diimpor oleh tiga importir.

  1. PT Frozen King Mulia,
  2. PT Segar Inter Fruits
  3. PT Segar Prima Jaya.

“Itu importir yang mendapatkan persetujuan dari Kementerian Perdagangan,” kata Direktur Promosi dan Humas Badan Pengusahaan (BP) Batam, Purnomo Andiantono, Ahad (29/1/2017) seperti dilansir harian Pos Metro.

Tahun ini lanjut dia, wortel yang berasal dari China sama sekali tidak ada masuk ke Batam. Sementara apel yang disuplai dua importir yaitu PT Segar Inter Fruits dan PT Segar Prima Jaya. Keduanya perusahaan tersebut memasok sekitar 63 ton apel dari China.

Dengan rincian 36 ton diimpor PT Segar Inter Fruits dan 27 ton oleh PT Segar Prima Jaya. Sementara jeruk mandarin yang juga berasal dari China, tahun ini hanya diimpor oleh PT Segar Prima Jaya sebanyak 27 ton. Sedangkan lengkeng asal Thailand diimpor PT Frozen King Mulia sebanyak 100 ton dan 27 ton oleh PT Segar Prima Jaya.

“Kentang segar atlantik asal China dan Bangladesh, tahun ini juga tidak ada yang suplai,” paparnya.

Sedangkan bawang bombay segar untuk konsumsi yang berasal dari New Zealand diimpor PT Frozen King Mulia sebanyak 54 ton. Serta 210 ton diimpor PT Segar Prima Jaya.

Sementara yang berasal dari Belanda diimpor PT Frozen King Mulia, 108 ton dan 104 ton oleh PT Segar Prima Jaya.

“Tahun ini orange segar, grape termasuk pomelo yang berasal dari China, juga tidak ada masuk,” tuturnya.

Ia melanjutkan untuk lemon asal Afrika Selatan diimpor oleh PT Segar Prima Jaya sebanyak 48 ton.

“Anggur segar yang juga berasal dari Afrika Selatan, untuk satu semester ini juga tidak ada masuk,” ucapnya.

Sehingga jika ditotalkan produk-produk hortikultura dari negara-negara tersebut berjumlah 741 ton.

Sementara dari catatan pihaknya, produk hortikultura pada periode 1 Juli sampai dengan 30 Desember 2016, masuk ke Batam sebanyak 4.901,3 ton dan diimpor oleh enam importir.

Di antaranya PT Oscar Karunia Cemerlang, Frozen King Mulia, Segar Prima Jaya, Segar Inter Fruits, Interfood Sukses Jasindo dan Srijaya Raya Perkasa. Pada semester kedua 2016 tersebut, wortel asal China diimpor oleh tiga importir dengan total 1958,3 ton.

Sementara wortel asal New Zealand diimpor satu importir sebanyak 107 ton. Kemudian wortel asal Belanda diimpor sebanyak 106 ton yang juga dari satu importir.

Sementara apel asal China diimpor tiga importir dengan total 479 ton, kemudian jeruk mandarin asal China diimpor lima importir. Dengan total 339 ton.

Lengkeng asal Thailand diimpor sebanyak 225 ton oleh satu importir.

Kentang segar atlantik asal Bangladesh, China dan Belanda, diimpor tiga importir sebanyak 675 ton. Bawang bombay segar untuk konsumsi asal Belanda, China dan New Zealand diimpor tiga importir dengan total 783 ton.

Sedangkan orange segar asal Afrika Selatan diimpor satu importir sebanyak 50 ton. Pada sementer dua 2016, juga tidak ada importir yang mensuplai grape dan pomelo. Terakhir anggur segar asal Cina diimpor ole dua importir dengan total 138 ton.(ams)

Update