ilustrasi Polwan

batampos.co.id – Polda Kepri akan membuka pendaftaran calon polisi untuk Akademi Polisi (Akpol), Birgadir, dan Tamtama pada akhir bulan Maret 2017 nanti. Dimana kuota untuk brigadir sebanyak 228 orang. Sedangkan Tamtama dan Akpol masih belum ditentukan berapa orang yang akan diterima.

“Masih belum (kuotanya belum ditentukan),” kata Kabid Humas Polda Kepri, Kombes Pol S. Erlangga kepada Batam Pos, Selasa (31/1).

Ia mengatakan, alasan belum ditentukannya kota, disebabkan peruntukan polisi lulusan sekolah ini disalurkan ke Brimob dan Polair. Dimana nantinya pendidikan calon polisi di pusatkan untuk kedua satuan ini. “Jadi, kuota untuk Polda Kepri akan ditentukan dengan perhitungan berapa jumlah pendaftar nantinya,” ucapnya.

Sedangkan untuk Akpol, jumlahnya ditentukan langsung oleh pihak Mabes Polri.  Waktu pendaftarannya disebutkan Erlangga bisa berubah sewaktu-waktu. Karena itu, pihaknya terus mengikuti instruksi lebih lanjut dari Mabes Polri. “Sebab nantinya pendaftarannya, dibuka secara serentak se- Indonesia,”ucapnya.

Mengenai penerimaan ini, Kapolda Kepri Irjen Pol Sam Budigusdian sebelumnya, menjamin perekrutan tahun ini bebas dari kolusi, korupsi, dan nepotisme (KKN).  Perekrutan akan dilakukan lebih trasnparan.

Karena calon polisi yang akan mendaftar, Sam menghimbau agar mempersiapkan diri sedini mungkin, jangan pernah berharap bisa masuk polisi dengan cara yang curang.

“Jangan mau jadi polisi, kasih ini itu. Tak akan diterima, karena yang diterima yang kompeten,” tegasnya.

Sam berharap pemuda maupun pemudi Kepri, sudah mulai belajar agar bisa lulus tes akademik yang akan diadakan. Selain itu fisik juga harus digenjot.

“Bimbingan dulu,” pungkasnya. (ska)

Respon Anda?

komentar