Sejumlah pekerja tengah menyelesaikan perawatan dan pergantian Filter di Instalasi pengolahan air (IPA) Sei Harapan beberapa waktu lalu. DOK/ATB

Sejak beberapa hari terakhir, PT Adhya Tirta Batam (ATB) melakukan perbaikan (refurbishment) filter di IPA Sei Harapan, Sekupang, Batam.

Kegiatan ini merupakan agenda berkala ATB untuk melakukan perawatan perangkat utama dalam produksi air di sejumlah Instalasi Pengolahan Air (IPA)

Tujuannya, jelas, guna memberikan kualitas air bersih yang baik dan layak untuk pelanggan.

Dengan adanya pekerjaan ini, sebagian pelanggan yang mendapat suplai dari IPA Sei Harapan akan sedikit terganggu.

“Pekerjaan perbaikan filter dilakukan agar kapasitas produksi IPA Sei Harapan dapat berjalan maksimal. Saat ini produksi sedikit terganggu, serta tidak bekerja secara maksimal pada filter,” ujar Muflikhin Manager Project ATB.

Perawatan filter berkala yang dilakukan ATB ini, tambahnya, sengaja dilakukan untuk meningkatkan kualitas performa area produksi, juga di sebabkan oleh kualitas air baku yang tersedia.

Kualitas air baku yang kurang memadai, akan mempengaruhi kinerja filter dalam memproduksi air bersih. Selain itu, secara berkala perawatan IPA juga rutin dilakukan untuk meningkatkan kualitas air bersih.

“Kalau air baku kurang memadai, tentunya akan berpengaruh kepada produksi air yang tidak maksimal,” ujar Mufhlikin lagi.

Pekerjaan perbaikan filter yang dilakukan ini, cukup luas mengingat beberapa bagian produksi dihentikan sementara dari proses operasional.

Pekerjaan meliputi area produksi air di IPA Harapan, mulai dari cuci pasir, penggantian nozle, waterproofing hingga penggantian valve.

Dengan dilakukannya pekerjaan ini, mengakibatkan suplai ke pelanggan jadi sedikit terganggu.

Suplai pelanggan yang berasal dari IPA Sei Harapan akan mengalami dampak berupa aliran air mengecil dari suplai normal untuk sementara waktu.

“Sebagian kecil pelanggan akan terganggu berupa mengecilnya suplai air. Untuk itu kami mohion maaf, kami sampaikan hal ini dipengaruhi adanya penurunan produksi Sei Harapan berkurang 17-20 liter perdetik dari kapasitas normal 210 liter perdetik akibat pekerjaan perbaikan filter,” jelas Wahyu Widiyanto, Manager Distribusi ATB

Dampak pekerjaan perbaikan filter sebenarnya  hanya pada awal-awal pekerjaan saja. Secara bertahap apabila pekerjaan sudah berjalan sekitar 40-50 persen produksi sudah bisa dijalankan dengan bertahap.

“Dengan pengurangan produksi IPA Sei Harapan, sementara akan mendapat disuplai dari IPA Sei Ladi, hal ini untuk meminimalkan dampak gangguan ke pelanggan.

Untuk pekerjaan perbaikan filter di IPA sebelumnya juga lebih dahulu dilakukan  di IPA Duriangkang, Sei Ladi, Nongsa, dan Mukakuning sementara IPA Piayu menyusul secara bertahap.

Untuk informasi gangguan suplai air bisa menghubungi call centre ATB di no 0778-467111, atau bisa berinteraksi di media sosial ATB baik di facebook, twitter atau lainnya.  (rilis)

Respon Anda?

komentar