Laptime JKT48: Lima Tahun Penuh Cerita

3807
Reporter Jawa Pos Dhimas Ginanjar, penulis Laptime JKT48: Lima Tahun Penuh Cerita (ANGGER BONDAN/JAWA POS)

batampos.co.id – Kamu penggemar JKT48? Kalau iya, kamu harus miliki buku tentang mereka.

Pada pertengahan Desember 2016 lalu JKT48 genap berusia 5 tahun. Selama lima tahun pula, Jawa Pos secara rutin menyajikan berbagai liputan terkait sister group pertama AKB48 di luar Jepang itu. Berbagai hal menarik dijadikan satu dalam buku berjudul Laptime JKT48: Lima Tahun Penuh Cerita.

Reporter Jawa Pos Dhimas Ginanjar mengikuti perjalanan karir JKT48 sejak mereka menapakkan kaki di dunia hiburan tanah air, akhir 2011 silam. Buku tersebut dibuat untuk mengingat kembali perjalanan grup idola itu dari awal hingga memiliki jutaan penggemar.

’’Rentang waktu lima tahunnya dihitung dari awal kemunculan di akhir 2011 sampai akhir 2016,’’ ujar Dhimas, Jumat (10/2).

Dalam buku setebal 200 halaman itu, akan disajikan berbagai milestone JKT48. Mulai dari awal audisi, teater pertama, sampai kelulusan Haruka Nakagawa.

Konsep buku itu tidak hanya memunculkan lagi berbagai berita yang pernah ditulis Dhimas untuk Jawa Pos. Ada beberapa tulisan anyar, wawancara eksklusif dengan materi baru, sampai foto-foto yang belum pernah dimunculkan di Jawa Pos. Namun, ada berita yang dimunculkan utuh karena penting.

’’Buku ini ibarat mesin waktu. Kalau member JKT48 diwawancara lagi tentang kejadian 2012, emosi dalam jawaban tidak akan sama seperti saat itu. Jadi, dibiarkan saja apa yang dirasa ketika itu dan dimunculkan kembali,’’ imbuhnya.

Meski berisikan artikel, Dhimas memastikan banyak foto yang dipakai untuk mempercantik halaman. Dia menyebut ada lebih dari 400 foto yang digunakan dalam berbagai ukuran. Supaya lebih menarik, porsi foto dikatakannya lebih banyak daripada tulisan.

Yang menarik, GM JKT48 Teater Melody Nurramdhani Laksni ikut ambil bagian dalam membuat mesin waktu itu. Dia secara khusus akan menjadi semacam tour guide dengan memberikan notes pada momen-momen tertentu. ’

’Tentang apa yang dirasakan Melody, disampaikan dalam tulisan tangan. Bukan ketikan,’’ tutur Dhimas.

Buku karya Dhimas Ginanjar itu mulai Jumat (10/2) sudah bisa dipesan melalui mekanisme pre order Gramedia.com maupun Bukabuku.com.

Untuk 200 pemesan pertama, disebutnya bakal mendapat Laptime JKT48: Lima Tahun Penuh Cerita edisi khusus dengan tanda tangan asli member JKT48. Sedangkan ketersediaan secara offline di toko buku, diperkirakan mulai tersedia pada 20 Maret. (mas)

Respon Anda?

komentar