Iklan
Benan menjadi pintu wisata kabupaten Lingga. Tidak hanya wisatawan lokal namun juga menjadi tujuan wisatawan dunia. Foto: Hasbi/batampos.

batampos.co.id – Kades Benan, Mar’at mengatakan akses data masih jadi salah satu kelemahan desa wisatanya. Untuk itu ia berharap pihak provinder Telkomsel tingkatkan data 3G untuk menunjang promosi wisata Benan yang menjadi pintu gerbang wisata kabupaten Lingga.

Iklan

“Sebagai daerah wisata, tentunya kebutuhan jaringan data sekelas 3G sudah jadi kebutuhan. Kami di desa juga bisa ikut mempromosikan,” ungkap Mar’at, Jumat (10/2).

Untuk wilayah kepulauan Senayang, dikatakan Mar’at paket data masih terbatas. Di Benan memang telah memiliki tower telekomunikasi provider Telkomsel. Namun untuk paket data belum dapat akses dengan baik.

“Pengguna tidak hanya desa Benan. Tapi juga pulau dan desa sekitar. Seperti pulau Bukit, pulau Duyung dan Mensanak. Total pengguna lebih dari 2000 jiwa,” sambungnya.

Hal tersebut kata dia juga telah disampaikan ke pihak Kominfo pemkab Lingga. Namun belum ada kejelasan hingga kini terkait kebutuhan telekomunikasi dan informasi masyarakat maupun penunjang desa wisata.

“Kami sudah surati Kominfo Lingga untuk melanjutkan ke Telkomsel. Tapi sejauh ini belum ada perkembangan,” imbuhnya.

Dilapangan kata Mar’at, sejumlah wisatawan yang datang ke Benan juga mempersoalkan kendala komunikasi ini.

“Kendala ini juga sering kami terima keluhan wisatawan. Sulit mengakses informasi. Kami berharap Kominfo dan dinas terkait segera merealisasikan kebutuhan ini,” pungkasnya. (mhb)