Anak Kecanduan Gadget? Ada Lima Cara yang Bisa Ibu Lakukan

1573
Pesona Indonesia
ilustrasi : jpnn.com

batampos.co.id – Ibu-ibu, waspada jika anak ibu menatap layar gadget, bermain permainan hingga berjam-jam. Selain kecanduan juga akan berdampak buruk pada nilai sekolahnya.

Dilansir Pop Sugar, Minggu (12/2), sebanyak 9 dari 10 ibu menjawab “Sebentar ya Nak” saat akan mengambil gadget anaknya.

Hal itu karena anak mencintai dunia digital dengan fantasi disertai warna dan kesenangan yang didapatkan.

Salah satu permainan misalnya Minecraft membuat anak jika sudah bermain permainan ini akan sulit dihentikan. Inilah sebabnya mengapa anak-anak sulit melepaskan gadget mereka. Ada 5 tips untuk meminimalkan perdebatan dengan anak saat menyingkirkan gadgetnya.

1. Cari Aktivitas Lain

Aktivitas lain akan membuatnya lupa sejenak. Atau mengajak anak jalan-jalan tanpa gadget. Saat pulang ke rumah, anak sudah mengantuk dan saatnya tidur.

2. Gunakan Batas Waktu

Gunakan visual sistem batas waktu pada gadget untuk membatasi waktu anak bermain. Ajari mereka untuk bertanggungjawab atas proses yang dilakukan. Ketika waktunya habis, maka suara atau visual akan muncul pada gadget. Lakukan perjanjian ini dengan anak sebelum bermain.

3. Pilihkan Aplikasi

Pilihkan aplikasi permainan bagi anak yang memiliki batas waktu sehingga aplikasi berhenti sendiri. Kemudian terserah kepada orangtua untuk memastikan anak tidak melompat ke aplikasi lain.

4. Berhenti Secara Alami

Ajari anak-anak untuk berhenti secara alami. Sebelum anak bermain gadget, lakukan perjanjian berapa lama mereka akan bermain. Tetapkan batas waktu bersama-sama.

5. Ajarkan Soal Konsekuensi atau Sebab Akibat

Diskusikan konsekuensi dan tindak lanjut ketika anak-anak melewati batas. Ajarkan mereka soal dampak sebab dan akibat memakai gadget terlalu lama. Misalnya jika terlalu lama menggunakan gadget akan membuat mereka malas, nilai buruk, sehingga dimarahi guru atau sebab akibat lainnya. (cr1/JPG)

Respon Anda?

komentar