Ada Telepon Pesan Nasi Bungkus Minta Diantar ke Polsek, setelah Diantar Ternyata Hoax

11562
Pesona Indonesia
ilustrasi

batampos.co.id – Sebuah rumah makan di Tanjungpinang, Sabtu (11/2) lalu tertipu.

Ada telepon yang mengaku sebagai anggota Polri yang bertugas di Polsek Tanjungpinang Timur, memesan puluhan nasi kotak kepada pemilik rumah makan untuk diantar ke Mapolsek Tanjungpinang Timur.

Selain itu, pelaku juga meminta agar diisikan pulsa Rp 100 ribu dan akan dibayar saat nasi yang dipesan tersebut telah diantar.

“Modusnya pura-pura pesan nasi. Ini kejahatan penipuan model lama dengan cover yang baru seperti mama minta pulsa,”ujar Kapolsek Tanjungpinang Timur, AKP Efendri Ali, Minggu (12/2).

Dikatakan Efendri, kejadian tersebut diketahui pihaknya ketika saat karyawan rumah makan mengantarkan puluhan nasi kotak ke kantornya. Ia pun kaget akan pesanan itu karena setelah dicek, tidak ada petugas yang memesan nasi kotak sebanyak itu. Terlebih, meminta diisikan pulsa.

“Kami langsung lakukan penyelidikan atas penipuan ini dengan berkoordinasi dengan Satreskrim,”kata Efendi.

Diterangkan Efendi, kasus seperti ini sudah sering terjadi. Dari laporan yang diterima, peristiwa serupa sudah tiga kali terjadi. Untuk itu, pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar selalu waspada.

“Kami imbau pemilik rumah makan, restauran, gerai dan hotel agar waspada dengan modus penipuan baru. Apalagi pelaku mengatas namakan personel Polri. Ini kejahatan penipuan lama dengan metode baru,”pungkas Efendri.(ias)

Respon Anda?

komentar