Kamis, 28 Maret 2024

Polisi Malaysia Tangkap Perempuan yang Diduga Bunuh Kim Jong-nam

Berita Terkait

Tayangan salah satu stasiun TV Korsel yang menunjukkan rekaman CCTV dari seorang perempuan yang diduga salah satu pembunuh Kim Jong-nam.

batampos.co.id – Polisi Malaysia menangkap seorang perempuan di Bandara Internasional Kuala Lumpur, Malaysia.

Di lokasi itulah, lelaki yang diduga kakak Kim Jong-un, Kim Jong-nam, terjatuh dan kemudian meninggal dunia saat akan dibawa ke rumah sakit.

Perempuan itu diduga membunuh kakak tiri pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un.

Perempuan tersebut beridentitas Vietnam dan polisi sedang mencari tersangka lain. Penangkapan perempuan tersebut berkat cuplikan CCTV bandara.

”Namanya Doan Thi Huong, usianya 28 tahun,” tulis polisi dalam pernyataan resmi mereka.

Dalam remanan CCTV yan beredar di media, ada dua perempuan yang berada di samping Kim Jong-nam sebelum dia terjatuh. Keduanya kemudian meninggalkan Jong-nam naik taksi. Dalam image yang tersebar di media Korea Selatan dan Malaysia, terlihat salah seorang tersangka menggunakan t-shirt bertulis LOL (lots of laugh – tertawa terbahak-bahak, Red) di bagian depan.

Memang, pemerintah belum memberikan informasi resmi bahwa lelaki yang meninggal dunia itu adalah Kim Jong-nam yang berpergian dengan mengunakan nama Kim Chol. Namun, pemerintah Jorea Selatan meyakini itu adalah Jong-nam. Mata-mata negara bahkan mengatakan Jong-nam diracun.

Korut juga belum memberikan komentar atas kematian tersebut. Tetapi pejabat dari kedutaan Korut di Malaysia sudah mengunjungi RS tempat mayat Jong-nam berada.

Jong-nam diserang pada Senin pagi saat menanti penerbangan di terminal 2 Bandara Internasional Kuala Lumpur pada pukul 10.00 sebelum terbang ke Macau. Kronologi kejadian belum jelas. Ada beberapa versi. Ada yang mengatakan kalau dia disemprot dengan cairan kimia. Ada juga yang menyebutkan wajahnya dibekap dengan kain. Jong-nam sendiri meninggal dunia saat menuju RS.

Jong-nam lahir dari salah satu istri ditaktor Korut Kim Jong-il, Sung Hae-rim. Sementara Kim Jong-un lahir dari rahim Ko Yong-huo.(BBC/tia)

Update