Bank Pilih Tunggu KTP Asli

1412
Warga sedang mengurus keperluan surat-surat di Kecamatan Batuaji, Kamis (16/2). F. Dalil Harahap/Batam Pos

batampos.co.id – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kepri,  Uzersyah mengatakan tidak bisa berbuat banyak terkait ditolaknya surat keterangan pengganti e-KTP yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Batam.

Meskipun kebijakan tersebut berdasarkan edaran dari Menteri Dalam Negeri, namun masih banyak pihak meragukan keabsahan surat pengganti tersebut.

Menurutnya, pihak bank lebih memilih menunda pendaftaran nasabah, dan menunggu hingga blanko e-KTP tersedia. Bank memiliki kebijakan tersendiri terkait penolakan surat tersebut.

“Kami tidak bisa berbuat banyak, walaupun dalam surat keterangan itu tertera Nomor Induk Kependudukan (NIK),” kata Uzer sat menghadiri Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan, Kamis (16/2) di Ballroom Best Western Premier Panbil.

E-KTP dinilai masih menjadi satu-satunya identitas diri yang diakui, meskipun surat memiliki fungsi yang sama namun tetap diragukan.

“Karena sudah terbiasa dengan fisik e-KTP, jadi banyak dari mereka yang mengurus terpaksa ditolak,” ujarnya.

Sementara itu, saat Batam Pos mencoba bertanya ke salah satu Bank yang ada di Sekupang, petugas Bank mengatakan calon nasabah bisa mengajukan SIM sebagai surat pengganti KTP. Saat ditanyai penggunaan surat keterangan pengganti e-KTP, petugas tersebut terlihat enggan menjawab.

“Bisa pake SIM, jika ada surat tersebut dilampirkan saja,” ujar petugas Bank yang tidak mau disebut namanya.

Kepala Disdukcapil Kota Batam, Said Khaidar mengatakan harusnya surat itu bisa diterima karena dikeluarkan berdasarkan edaran dari Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo.

Padahal pihaknya telah mengirimkan edaran kepada bank yang ada di Kota Batam, untuk bisa membantu menerima pengajuan dari masyarakat dengan membawa surat keterangan tersebut.

“Fakta di lapangan memang banyak yang menerima penolakan,” ujarnya.

Disinggung mengenai pihaknya akan mengadakan pertemuan dengan pihak bank, Said menuturkan akan mengirim undangan dalam waktu dekat ini.

“Secepatnya,” tutup Said.(cr17)

Respon Anda?

komentar