(Sesuai arah jarum jam) Kim Jong-nam kecil bersama Kim Jong-il, Jong-nam setelah dewasa, adik ketiganya Kim Jong-un yang menjadi pemimpin Korut, Jong-nam. (Reuters, AP)

batampos.co.id – Kim Jong-nam tewas di Malaysia. Malaysia dan Korea Utara (Korut) rupanya belum mau bekerja sama untuk menyelesaikan kasus pembunuhan itu.

Malaysia menegaskan tidak akan menyerahkan tubuh korban ke Korut tanpa adanya DNA dari keluarga Kim.

”Tanpa adanya bukti DNA dalam bentuk apa pun, kami tidak akan menyerahkan tubuh Kim Jong-nam,” kata Kepala Polisi Selangor Abdul Samah Mat.

”Tak hanya itu, tanpa bukti DNA pula kami tidak akan menyerahkan hasil autopsi untuk mengungkap penyebab kematiannya,” sambungnya lagi.

Meski demikian, Korut mengatakan akan menolak hasil itu karena otopsi dilakukan tanpa saksi mata pejabat Korut.

”Kami meminta jenasah segera di serahkan kepada kami,” tulis Kang Chol, Duta Besar Korut untuk Malaysia dalam pernyataannya.

”Kami mengira Malaysia sedang mencoba menyembunyikan sesuatu karena masih butuh waktu lebih banyak sebelum melepaskan jenazah. Mungkin mereka menipu kami dan berkolusi dengan kekuatan musuh untuk menyerang kami,” ungkap Kim Chol.

Kim Chol juga menyebut Korea Selatan terlibat dalam memengaruhi opini publik dunia untuk memfitnah negaranya melalui insiden pembunuhan tersebut.

”Otoritas Korea Selatan putus asa dan melarikan diri dari kenyataan menyedihkan bahwa negara mereka memiliki skandal politik terbesar,” jelasnya.(BBC/tia)

Respon Anda?

komentar