Prediksi Bagaimana Racun VX Masuk Malaysia

1485
(Sesuai arah jarum jam) Kim Jong-nam kecil bersama Kim Jong-il, Jong-nam setelah dewasa, adik ketiganya Kim Jong-un yang menjadi pemimpin Korut, Jong-nam. (Reuters, AP)

batampos.co.id – Bagaimana bisa racung VX masuk Malaysia? Bruce Bennett, ahli pertahanan dari lembaga Rand Corporation memiliki beberapa prediksi. Dikatakan Bennett kepada BBC, jumlah racun yang dibutuhkan untuk membunuh seseorang memang tidak banyak. Cukup setetes.

”Artinya, sangat mudah diselundupkan ke Malaysia. Racun itu bisa dimasukkan tempat tinta di pena atau barang kecil lainnya,” katanya.

Bagian imigrasi di bandara atau pelabuhan pun tidak akan menyadari kalau ada racun berbahaya yang sudah diselundupkan kecuali jika sesorang menumpahkannya. Racun tersebut pun punya bentuk yang tidak mengancam. Tanpa warna alias bening, seperti minyak, serta tidak berbau.

Ditambahkan Bennett, VX yang digunakan tersebut sudah pasti tidak dibikin di Malaysia.

”Itu adalah racun yang tidak bisa dibikin di dapur. Ini racun mematikan,” katanya.

Namun, belum jelas juga apakah pelaku mendapatkannya dari Korea Utara atau dari negara lain.

”Ada VX versi Amerika dan Rusia. Dalam penyelidikan lebih lanjut akan ketahuan, asal racun itu,” terangnya.

Jadi, diprediksi Bennett, bakal banyak negara yang akan memberikan perhatian atas kasus ini. Pasalnya, penggunaan VX adalah pelanggaran serius atas standar internasional. Dan kenyataan kalau VX digunakan di Malaysia, bukan di negara produsennya, juga akan membuat Malaysia serta negara lain meradang.

Tak hanya itu, Tiongkok yang sampai saat ini belum memberikan respons. Padahal, Kim Jong-nam selama ini menetap di Macau yang merupakan bagian Tiongkok. Tiongkok pun disebut-sebut memberikan perlindungan kepada kakak pemimpin Korut Kim Jong-un itu.

Nanti, sambung Bennett, jika terbukti Korut melanggar hukum internasional, Tiongkok bisa saja melakukan embargo ke Korut. Embargo perekonomian dari Tiongkok kepada Korut bakal menghantam negara itu.

Seperti telah diberitakan, Otoritas Malaysia sudah mengidentifikasi jenis racun yang digunakan untuk membunuh Kim Jong-nam di Bandara Internasional Kuala Lumpur, 13 Februari lalu. Racun jenis VX yang sangat mematikan.

Hasil penyelidikan ini pun sangat mengejutkan. Pasalnya, jenis racun yang digunakan bukanlah racun biasa. VX sudah lama dilarang penggunaannya. Selain itu, kemampuannya yang mengerikan membuat racun ini dinobatkan sebagai senjata pemusnah massal. (BBC/tia)

Respon Anda?

komentar