Kamis, 25 April 2024

11 Hal Menarik Raja Salman

Berita Terkait

Salman bin Abdulaziz Al Saud. (foto: bloomberg)

batampos.co.id – Banyak hal yang menarik dari sosok Raja Arab Saudi,  Salman bin Abdulaziz Al-Saud yang rencananya akan mengunjungi Indonesia pada 1 Maret 2017 nanti.

Ada 11 sisi lain Salman yang jarang diketahui seperti dilansir Muslim World Jurnal.

1. Salman Seorang Penghapal Al Quran

Salman sudah menghapal Al Quran sejak usianya 10 tahun. Salman juga membaca Al Quran seperti Qari dengan bacaan sempurna. Dia dikenal sering memimpin doa pada kesempatan tertentu hingga upacara pemakaman. Hal ini membuat rakyatnya sayang padanya.

2  Mengutuk Aksi 11/9 Namun Juga Mencegah Reaksi Berlebihan

Beberapa badan amal yang telah mendanai ekstremisme telah dikaitkan dengan tindak terorisme. Selama kebingungan ini, Raja Salman yang kala itu menjabat sebagai Gubernur Riyadh meminta setiap perburuan anti-Islam untuk dihentikan serta mengutuk semua ekstrimis.

3. Salman Sosok yang Tegas dan Tak Tebang Pilih

Ketika Pangeran melakukan pembunuhan, Raja Salman mengatakan tidak ada perlakuan khusus untuk Pangeran. Ketika seorang Pangeran membunuh rakyatnya, maka dia harus diperlakukan sesuai dengan hukum negara itu. Raja Salman mengumumkan bahwa tidak ada perlakuan khusus kepada Pangeran dan semua sama di mata hukum.

4. Raja Salman Tawaf dengan Sederhana

Banyak pemimpin dunia meminta pengamanan ekstra saat menunaikan ibadah Haji, namun Raja Salman justru beribadah bersama jamaah lainnya. Salman sering terlihat menepuk bahu sesama muslim saat tawaf, dan menjadikan sosoknya rendah hati.

5. Dua Bulan Gaji Gratis untuk Warga

Banyak negara memberlakukan pajak yang berat bagi rakyatnya, tetapi Saudi justru mengumumkan dua bulan gaji bonus gratis untuk semua pegawai, pensiunan, mahasiswa, dan masyarakat lainnya.

6. Salman Punya Akun Twitter

Akun Twitter Salman langsung diikuti 200 ribu pengikut sesaat dia membuatnya. Saat berkicau pertama kali, Salman mendoakan kaum muslim.

7. Taat Ibadah

Saat menerima kunjungan Presiden Amerika Serikat Barack Obama, Raja Salman langsung berpamitan untuk salat ketika mendengarkan suara adzan. Obama pun membiarkannya berdiri di karpet merah untuk shalat Ashar berjamaah. Media sosial khususnya para kaum muslim ramai berkomentar soal hal itu bahwa raja dari segala raja di alam semesta ini tetap Allah.

8. Memberantas Korupsi Saat Jabat Gubernur

Saat menjabat sebagai Gubernur Riyadh, Salman mendapat banyak penghargaan karena bisa memberantas korupsi. Salman memiliki rekam jejak yang bersih.

9. Dia Sosok yang Adil

Salman meminta siapa saja yang telah melakukan pelanggaran untuk mengaku dan akan diberi pengampunan. Sebab Salman menganggap rakyatnya adalah anak-anaknya sendiri dan cucu.

10. Amal, Penelitian dan Agama

Selain mendukung Yayasan Syaikh Bin Baz, Salman adalah Kepala Dewan Pengawas dari Pusat Penelitian Disabilitas Madinah. Upaya amal ini dipuji oleh PBB.

11. Salman Mengampuni Semua Tahanan Publik

Dalam pengumuman yang mengejutkan, Salman mengeluarkan pengampunan bagi siapa saja yang memiliki denda di bawah setengah juta Riyal. (cr1/JPG)

Update