Melongok Persiapan DPR RI Sambut Raja Salman

907
Pesona Indonesia
Gladi resik kunjungan Raja Salman ke Gedung DPR (JUNEKA/JAWA POS)

batampos.co.id – DPR RI pun ikut sibuk menyambut Raja Salman.

Protokol DPR, Kementerian Luar Negari, hingga petugas protokoler Saudi menyiapkan simulasi penyambutan mulai pintu masuk hingga dalam ruang sidang paripurna, Sabtu (25/2) siang hingga sore.

Ada sejumlah petugas yang berperan sebagai raja, ketua dan wakil DPR, ketua MPR, ketua DPD, serta rombongan Raja Salman seperti pangeran, menteri, dan duta besar Saudi.

Kursi yang nanti digunakan Raja Salman juga khusus. Yakni kursi kayu berlapis busa setinggi 55 cm.

Sekitar pukul 16.00, tim dari Kerajaan Arab Saudi tiba di gedung DPR. Mereka melihat lagi persiapan dan geladi bersih. Mereka juga mengecek tangga dan tempat duduk untuk raja. Tim tersebut mengecek hanya sekitar 30 menit.

“Mereka (tim protokol Kerajaan Arab Saudi, Red) sudah tiga kali ini kemari untuk mengecek,” ujar Deputi Persidangan Sekretariat DPR Damayanti di sela-sela kegiatan tersebut.

Dia menuturkan, kunjungan Raja Salman ke DPR itu hampir pasti Kamis siang (2/3). DPR pun sudah mengundang tamu-tamu lain seperti duta besar dari negara-negara Organisasi Kerja Sama Islam (OKI), duta besar dari negara ASEAN, serta pengurus Kamar Dagang dan Industri (Kadin).

“Persiapannya ini sudah dua pekan lalu,” jelas dia.

Selain itu persiapan lain juga dilakukan untuk menyambut Raja Salman. Berdasarkan pantauan Jawa Pos, toilet di DPR pun diganti dengan yang baru. Yakni dengan merek Kohler setinggi 54 centimeter. Lokasinya di lantai dasar dan ruang paripurna. Selain itu, mereka juga menyediakan air mineral khusus untuk sang raja. (byu/lum/jun/wan/idr/c11/agm)

Respon Anda?

komentar