Siswa SMPN 3 Simulasi UNBK di SMAN 1 Batam

632
Siswi SMPN 11 Batuaji, Tasya Anggraini, 13, mengerjakan soal mata pelajaran saat simulasi UNBK di SMKN 1 Batuaji, Senin (27/2). F. Dalil Harahap/Batam Pos

batampos.co.id – Ratusan siswa SMPN 3 Batam gelar simulasi pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMAN 1 Batam, Senin (27/2). Kegugupan begitu tergambar saat simulasi baru saja dimulai, siswa yang baru pertama kali melaksanakan UNBK terlihat kebingunan untuk memulai simulasi.

“Awalnya cukup canggung karena baru pertama kali,” kata salah seorang peserta Guntur.

Dia mengatakan hari ini simulasi untuk mata ujian matematika, dan berlangsung selama empat hari.

“Tadi dibimbing sama guru dari cara login, cara pengerjaan, hingga selesai,” ujarnya.

Kepala Sekolah SMPN 3 Batam, Wiwi Darwiyanti mengatakan tahun ini merupakan tahun pertama bagi siswa SMPN3 menggelar UNBK.

“Iya ini yang pertama, sebelumnya kami masih menggunakan kertas,” kata Wiwi.

Sebanyak 422 siswa akan mengikuti UNBK yang rencananya akan dilaksanakan serentak 2-8 Mei mendatang. Pelaksanaan simulasi akan digelar selama empat hari, hari pertama Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Ingris dan IPA.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMAN 1 M. Chaidir mengatakan  tahun ini ada satu sekolah yang ikut bergabung untuk UNBK SMAN 1 Batam.

“Sebagai sekolah terdekat kami membantu meminjamkan ruangan dan fasilitas untuk SMPN 3 UNBK. Inikan fasilitas negara jadi sah- sah saja,” kata Chaidir.

Untuk penyelenggaraan simulasi sedikitnya ada empat ruangan yang disediakan yaitu ruangan multimedia, ruangan komputer, ruangan bahasa, dan ruang kelas yang diatur dan difungsikan untuk UNBK dengan total komputer 150 unit komputer.

“Simulasi menyesuaikan jumlah peralatan yang ada, jadi ada tiga gelombang ujian,” ujarnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam, Muslim Bidin mengaku kekurangan sarana prasarana membuat sebagian sekolah harus menumpang pada sekolah yang sudah melaksanakan UNBK di tahun sebelumnya.

“Sarana kami masih kurang, jadi kami telah menyurati beberapa sekolah untuk membantu meminjamkan ruangan untuk sekolah terdekat

“Misalnya SMPN 3 menumpang di SMAN 1 Batam,” kata Muslim.

Tahun ini menurutnya terdapat 22 sekolah yang melaksanakan UNBK dengan total siswa mencapai 3.152 siswa dari keseluruhan 11 ribu siswa yang melaksanakan UN 2017.

“Semoga pelaksanaan berjalan dengan lancar mulai dari simulasi, tryout hingga UN nanti,” tutupnya.

Di lain tempat 369 siswa SMP 11 Batuaji mengikuti simulasi ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dengan menumpang di SMKN 1 Batam, Senin (27/2).

Wakil Kepala Sekolah SMP 11 Batuaji, Nyamini mengatakan ratusan anak didiknya kini mengikuti simulasi UNBK di sekolah lain dikarenakan keterbatasan fasilitas ruangan dan komputer.

“Komputer dan ruangan kami kurang hanya bisa menampung 250 siswa. Sedangkan jumlah siswa kami lebih dari itu,” ujar Nyamini kepada Batam Pos kemarin.

Untuk penyelenggaraan UNBK, SMP 11 Batuaji menggunakan tujuh ruangan yang dimiliki SMKN 1 Batam dengan jumlah 150 unit komputer. Mata pelajaran yang diujikan yakni matematika dan bahasa inggris.

Dia mengatakan UNBK yang dilaksakan sekolahnya merupakan yang pertama kali. Simulasi yang digelar selama dua hari ini,  dilakukan untuk mengenalkan kepada siswa secara dini mengenai tata cara pelaksanaan ujian menggunakan komputer.

“Ini hanya persiapan saja, agar hari H nya nanti, siswa tidak ada yang kaget dan canggung lagi saat ujian nanti,” katanya.

Walau menumpang di sekolah lain, dipastikan siswanya tidak mengalami kendala saat menjalankan simulasi. Antuasias siswa mengikuti  UNBK cukup tinggi, hal tersebut dapat dilihat dari siswa yang datang lebih awal dari jadwal UNBK.

Sementara itu, Tasya Anggraini, peserta UNBK SMP 11 Batuaji mengaku tidak mengalami kesulitas saat menjalankan simulasi. Ia sendiri sudah melakukan persiapan jauh-jauh hari.

“Sudah belajar jauh-jauh hari. Meskipun pertamanya agak canggung, tapi akhirnya bisa juga,” terang perempuan 15 tahun ini. (cr19/cr17)

Respon Anda?

komentar