Mahershala Ali, Aktor Muslim Pertama Peraih Oscar

5093
Mahershala Ali bersama istri Amatus. (Twitter Mahershala Ali)

batampos.co.id – Pencapaian Mahershala Ali, 43, aktor muslim pertama peraih Oscar.

Pada Academy Awards 2017 ia menyabet Best Supporting Actor dalam film Moonlight.

Ia menyisihkan Dev Patel (Lion), Lucas Hedges (Manchester by The Sea), serta Michael Shannon (Nocturnal Animals) dan Jeff Bridges (Hell or High Water).

Mari mengenal dekat dengan ia.

Menikah dengan musisi, Amatus – Ali dan Amatus yang telah saling mengenal sekitar 20 tahun ini bertemu dalam masa studi. Saat itu keduanya sedang menyelesaikan master degree di New York University. Meski telah mengenal lama satu sama lain, namun keduanya baru saja menikah pada 2013.

Baru saja menjadi Ayah – Siapa kira Ali baru saja memasuki fase baru dalam hidupnya sebagai ayah dari Bari Najma Ali. Bayi perempuan tersebut lahir pada 22 Februari 2017. Hal itu memang diutarakannya dalam pidato kemenangannya di Oscar kemarin. ’

’Untuk istri saya terima kasih, khususnya saat kondisi kehamilannya trimester ketiga selama proses penghargaan ini. Dia mendampingi dan menemani saya seperti tentara yang selalu siap, saya sangat menghargainya,’’ ujarnya.

Pecinta Kucing – Sebagai seorang muslim, Ali rupanya mengerti dia tidak bisa memelihara beberapa hewan peliharaan seperti Anjing. Oleh karena itu, pilihannya jatuh pada Kucing. Dia mempunyai dua kucing yang diberi nama Nas dan Noor.

Bangga Kampung Halaman – Ali sangat bangga akan tempat asalnya. Dia lahir di Oakland, California dan tumbuh besar di Hayward, kota yang berjarak lima kilometer dari Oakland. Meski sekarang dia tinggal di Venice, California. Namun dia masih sering menghadiri acara di kampung halamannya, misalnya reuni St Mary College di Moraga, pinggiran San Francisco.

Pernah ikut casting Game of Thrones – Dalam pengakuannya di Jimmy Kimmel live!, Ali mengatakan pernah mengikuti audisi TV series Game of Thrones season tiga.

’’Saya casting sebagai pedagang di Westeros. Saya telah menghapal semua script dan gerakan khusus dengan kursi yang disyaratkan,’’ ungkapnya. Sayangnya saat tiba waktu audisi, tidak ada kursi dalam area casting tersebut.

’’Itu adalah casting terburuk dalam hidup saya,’’ ujarnya tertawa.

Dicampakkan oleh Pacar Pertama – Dalam sebuah wawancara, Ali pernah mengaku dia pernah punya pengalaman menyedihkan, yaitu dicampakkan pada kencan pertama oleh pacar pertamanya.

’’Hanya 10 menit setelah kencan pertama kami berlangsung, dia pergi,’’ ucapnya.

Setelah itu Ali menyadari, cewek itu merasa kesal karena ulahnya yang terlalu banyak bicara.

Bangga Menjadi Muslim – Ali tidak pernah takut menyuarakan pendapat terhadap nilai yang dianggapnya benar. Salah satu moment Ali bicara, yaitu saat pidato kemenangannya dalam Screen Actors Guild Award untuk kategori pembantu pemeran pembantu pria terbaik. Dia berpendapat mengenai pentingnya toleransi antar agama setelah President Trump mengeluarkan keputusan travel banned untuk tujuh Negara mayoritas Islam. (time/ina/tia)

Respon Anda?

komentar