Jumat, 29 Maret 2024

Pelepasan Penyu Sejalan dengan Peresmian Bandara

Berita Terkait

batampos.co.id – Pelepasan tukik (penyu) yang akan disejalankan dengan peresmian bandara Letung oleh Presiden Indonesia Joko widodo. Namun kali ini jumlah penyu yang dilepaskan tidak sebanyak rencana awal yang mencapai 5 ribu ekor, dikurangi hanya sekitar 500 ekor saja.

“Paling hanya sekitar 500 an ekor penyu saja,” ungkap Seksertaris Dinas Perikanan Pertanian dan Ketahanan pangan Kabupaten Kepulauan Anambas Yusmadi kepada wartawan Selasa (28/2).

Pasalnya, kata Yusmadi, sisanya akan dilepaskan pada acara festival padang melang yang ditargetkan dapat memecahkan rekor muri Indonesia yakni dengan melepaskan sebanyak 5000 ekor tukik yang akan dilaksanakan sekitar bulan April usai peresmian bandara Letung. “Untuk pelepasan penyu dengan jumlah yang lebih banyak kita fokus pada festival Padang Melang nanti,” ungkap Yusmadi.

Saat ini katanya, pihaknya sedang mempersiapkan penyu baik itu untuk pelepasan yang disejalankan dengan peresmian bandara maupun pelepasan penyu pada saat memecahkan rekor muri. “Yang kita lepaskan untuk peresmian bandara itu diluar dari pelepasan untuk memecahkan rekor muri,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan KKA Iwan Kurniawan Roni, membenarkan bahwasanya festival padang melang ditargetkan akan memecahkan rekor muri Indonesia dengan melepaskan 5000 ekor tukik. Dakuinya festival Padang Melang merupakan gerbang untuk promosi wisata Kabupaten Kepulauan Anambas yang sudah menjadi salah satu iven tahunan di Anambas.

“Ini merupakan salah satu daya tarik pariwisata sekaligus memperkenalkan Pantai Padang Melang serta Jemaja dan Kabupaten Kepulauan Anambas,” ungkap Iwan, kemarin

Iwan menambahkan Festival ini juga untuk membuka peluang investasi yang berbasis wisata bahari dan pelestarian wisata lingkungannya. “Selain melepaskan 5000 ekor tukik yang akan pecahkan rekor Muri, pada saat itu juga akan diadakan persembahan 1000 orang penari topeng Gobang yang merupakan tarian khas Anambas,” tuturnya. (sya)

Update