Tim PMK berusaha mematikan api yang membara.usai pesawat jatuh. (REUTERS)

batampos.co.id – Sebuah pesawat jenis Cessna 310 tiba-tiba jatuh dan menyambar rumah penduduk di Kota Riverside, California, Amerika Serikat (AS), Senin petang (27/2) waktu setempat.

Sebanyak empat orang dipastikan tewas dan dua lainnya mengalami luka-luka yang cukup parah. Selain itu, masih ada dua orang lainnya yang dinyatakan hilang dan masih dicari.

Juru Bicara Federal Aviation Administration (FAA) Ian Gregor mengungkapkan, pesawat tersebut jatuh pukul 16.40 waktu setempat. Kala itu pesawat nahas tersebut baru saja lepas landas dari Riverside Municipal Airport menuju San Jose, California.

’’Tidak diketahui pasti apa yang menyebabkan pesawat tersebut terjatuh,’’ ujar Gregor. Namun, saat itu cuaca mendung dan hujan meski tidak terlalu deras. Jarak pandang pun masih lebih dari 4 kilometer.

Pesawat berkapasitas enam orang tersebut tiba-tiba menabrak rumah penduduk di Rhonda Road, Riverside, hingga badan pesawat terbelah. Jarak tempuh dari bandara ke lokasi kejadian hanya sekitar 5 menit. Pilot perempuan yang mengemudikan pesawat tersebut termasuk dalam daftar korban tewas.

’’Kami telah mengevakuasi jenazah empat korban. Setidaknya satu di antaranya masih berusia belasan tahun,’’ kata Kepala Pemadam Kebakaran Riverside Michael Moore.

Penumpang pesawat itu baru saja menghadiri acara cheer conference di Disneyland, Anaheim, California. Mereka berencana pulang ke San Jose dengan menaiki pesawat kecil itu.

Moore menambahkan, ada lima keluarga di lokasi kejadian yang terpaksa meninggalkan rumahnya. Bahkan, salah satu rumah terbakar cukup parah. Sebanyak 60 anggota pemadam kebakaran dikerahkan untuk mencari dua korban hilang. Mereka berdua adalah penghuni rumah yang ditabrak pesawat tersebut. (AFP/Reuters/TimesOfSandiego/sha/c15/any/tia)

Respon Anda?

komentar