Raja Salman Tiba, Berkah untuk Rental Mobil Mewah

663

batampos.co.id – Kunjungan Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al Saud, ke Indonesia turut membawa berkah bagi sejumlah pengusaha jasa persewaan mobil mewah di Jakarta. Sebab anggota rombongan Raja Salman yang berjumlah 1.500 secara khusus menyewa mobil high class untuk transportasi selama tiga hari di ibukota.

Queen Rental, salah satunya. Sejak sebulan lalu, 10 mobil Alphard dan satu sedan Mercy milik rental tersebut di-booking untuk mengakomodir rombongan Raja Salman. +

”Di rental lain juga sudah banyak yang di-booking,” ujar pemilik Queen Rental, Dimas Arif Wibowo, Selasa (28/2).

Pengusaha mobil mewah di Ciputat, Tangerang Selatan itu mengatakan mayoritas kendaraan high class yang dicari adalah keluaran baru, 2014 ke atas. Menurutnya, vendor yang meng-handle transportasi Raja Salman membutuhkan ratusan mobil mewah.

”Beberapa minggu terakhir (di kalangan pengusaha rental mobil mewah) sudah ramai soal itu,” ungkapnya.

Meski disewa Raja Arab Saudi, Dimas mengaku tidak mematok harga tinggi untuk tarif sewa mobil. Biaya sewa Alphard, misalnya, tetap dipatok dengan tarif normal. Yakni, Rp 2,2 juta sehari. Sedangkan Mercy Rp 3,5 juta sehari. Tarif itu sudah termasuk upah sopir.

”Ada beberapa yang lepas kunci (tanpa sopir), tergantung kebijakan pemilik rental,” ungkapnya.

Menurut Dimas, penyewa mobil mewah miliknya bukan langsung dari otoritas Arab Saudi. Melainkan dari pihak pemerintah melalui pihak ketiga atau semacam vendor. Vendor tersebut yang menghubungi pengusaha-pengusaha rental mobil mewah.

Sebagain mobil mewah yang disewa rombongan Raja Salman terlihat sudah diparkir di halaman Gelora Bung Karno, Senayan. Total, ada 200 mobil jenis Alphard dan Mercy yang siap menjemput rombongan jumbo tamu dari jazirah Arab tersebut. Satu persatu kendaraan yang diberi tanda nomor di kaca depan itu dicek oleh petugas.

”Ada sebagian (mobil mewah) yang belum datang,” ujar Agus, salah seorang sopir.

Agus mengatakan, tidak ada ketentuan khusus bagi pengemudi mobil mewah yang terlibat dalam kunjungan besar Raja Salman. Panitia, kata dia, hanya meminta para sopir mengenakan pakaian batik rapi dan berperilaku sopan. Mereka pun tidak diwajibkan mahir berbahasa Arab. ”Ketentuannya ya bisa nyopir saja. Nggak usah (bisa) bahasa Arab,” ujar pria asal Tangerang Selatan ini.

Raja Salman dijadwalkan tiba di Jakarta pada Rabu (1/3) hari ini. Raja bersama rombongan akan berada di Jakarta hingga Jumat (3/3). Kemudian akan bertolak ke Bali untuk berlibur selama enam hari. Guna menjamin keamanan seluruh rombongan, TNI dan Polri membentuk Komando Gabungan Pengamanan (Kogabpam) VVIP.

Panglima Kogabpam (Pangkogabpam) VVIP Letjen TNI Edy Rahmayadi menjelaskan, seluruh personel gabungan sudah bergerak sejak Selasa (28/2). Sejumlah lokasi seperti Bandara Internasional Halim Perdanakusuma, Istana Bogor, dan hotel tempat menginap raja bersama rombongan sudah dijaga ketat. ”Anda macam-macam ditangkap,” tegas Edy.

Sebagai tamu negara yang membawa rombongan dalam jumlah besar, Raja Salman menjadi prioritas pemerintah Indonesia. Pengamanan yang disiapkan luar biasa ketat. Edy mengungkapkan, komando yang dia pimpin menyusun tiga lapis pengamanan. Yakni ring satu, dua, dan tiga. ”Ring satu melekat kepada tamu VVIP,” ujar periwira tinggi TNI yang mejabat sebagai panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) tersebut.

Sementara itu, personel gabungan di ring dua bertugas mengamankan setiap gerakan dari dalam ke luar maupun sebaliknya. Khusus ring tiga, petugas gabungan menjaga bagian terluar. Mereka mengidentifikasi setiap orang yang hendak masuk ke wilayah pengamanan di ring dua. Itu berlaku di seluruh tempat Raja Salman dan rombongan berada. Edy memastikan, tidak sembarang orang bisa tembus wilayah pengamanan tersebut.

”Nggak bisa masuk kecuali orang-orang tertentu,” jelas dia. (syn/jpgrup)

Respon Anda?

komentar