batampos.co.id – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Ranai menyatakan kondisi cuaca diwilayah perairan Natuna belum aman bagi nelayan tradisional Ranai.

Prakirawan BMKG Ranai Day Pangestu mengatakan, saat ini potensi hujan ringan masih sering terjadi. Bahkan tinggi gelombang laut masih mencapai 3 meter.

Kondisi ini sudah berkurang dari sebelumnya, gelombang laut Natuna mencapai 6 meter hingga di laut Cina Selatan. Namun saat ini, belum aman bagi nelayan tradisional.

“Gelombang laut Natuna masih 3 meter. Kondisi ini belum aman untuk nelayan tradisional, dan diharapkan lebih waspada,” kata Dany, Rabu (1/3).

Menurut pantauan cuaca katanya, saat ini fenomena musim angin Utara masih terjadi di wilayah Natuna. Arah angin masih bertiup dari Utara menuju Timur, dengan kecepatan hingga 50 kilo meter per jam.

“Angin masih bertiup dari Utara, hal cenderung menimbulkan angin dan gelombang tidak bersahabat, terutama bagi nelayan tradisional,” sebut Dany.

Sementara aktifitas kapal barang ke Natuna, saat ini sudah mulai normal. Sejumlah kapal sudah merapat di pelabuhan dan melakukan bongkar muat barang di pelabuhan Penagi.(arn)

Respon Anda?

komentar