Kamis, 18 April 2024

Anambas Harus Jadi KEK Pariwisata

Berita Terkait

batampos.co.id – Sejumlah Agenda dilaksanakan Pemerintah daerah Kabupaten Kepulauan Anambas untuk menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwsita. Bahkan memuluskan jalan tersebut Wakil Bupati Wan Zuhendra dan Sekretaris Daerah (sekda) menghadiri workshop KEK yang dilaksanakan di Hotel Swiss Bel Tuban Kubu Anyer Kuta Bali.

“Saya mendampingi Pak Wabup mengikuti acara workshop penguatan Kemitran Jejaring KEK di Hotel Swiss Bel Tuban Kubu Anyer Kuta Bali,” ungkap Sahtiar, Sekretaris Daerah KKA melalui Telphon genggamnya Kamis (2/3)

Tujuan kegiatan tersebut adalah untuk menyampaikan point-point penting yang dibutuhkan oleh pemerintah daerah untuk penetapan KEK. “Selain itu pada kegiatan tersebut juga mengecek kesiapan daerah sebelum ditetapkan sebagai KEK,” jelasnya.

Lebih jauh Sahtiar mengatakan, jika untuk mewujudkan Poros KEK harus sinergi antara Pemerintah daerah, Pemerintah Provinsi serta pusat. KEK sendiri bisa dilakukan oleh pihak swasta atau Badan Usaha untuk ajukan KEK kepusat. “Untuk swasta yang berbentuk badan usahan mesti mendapatkan persetujuan pemerintah daerah untuk mengajukan KEK,” tuturnya.

Anambas sendiri tambah Sahtiar ada 18 langkah yang mesti dipenuhi untuk menjadikan daerah sebagai KEK, dan langkah-langkah tersebut mesti dipenuhi untuk memuluskan jalan menjadi KEK.

Masih kata Sahtiar, Untuk Anambas sendiri pada hari sabtu (4/3) mendatang akan turun sebanyak 25 orang dari Kemeko Maritim ke Anambas untuk melakukan persiapan KEK di Anambas. Pada saat itu kata Sahtiar, maka pemda akan menyampaikan point-point yang merupakan salah satu syarat untuk menjadikan Anambas sebagai salah satu KEK di Indonesia. “Mereka akan berada di Anambas selama 3 hari yakni dari tanggal 4 sampai dengan 6 maret 2017 mendatang,” tukasnya.

Pemerintah daerah sangat fokus pada KEK, bahkan sejak awal Bupati sudah melaksanakan ekspos di kementrin dalam rangka mewujudkan Anambas menjadi salah satu daerah yang memiliki KEK di Indonesia. “Selain melakukan persiapan, pak Bupati Juga sudah melakukan ekspos ke Kementrian,” tandasnya. (sya)

Update