Jumat, 29 Maret 2024

Kementerian BUMN Bangun Rumah Kreatif

Berita Terkait

Coastal Area yang terus dijaga keindahannya dan ditambah dengan pembangunan Rumah Kreatif oleh BNI 46 Cabang Tanjungbalai Karimun. Foto: Tri Haryono/batampos.

batampos.co.id – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), bangun rumah kreatif di Coastal Area hall A. BNI 46 Cabang Tanjungbalai Karimun ditunjuk untuk merealisasikan rumah kreatif dengan berbagai fasilitas yang diberikan kepada para pelaku usaha menengah kecil (UKM) di Kabupaten Karimun.

“Ini program Kementerian BUMN. Dan kita ditunjuk untuk menyiapkan fasilitas, bagi pelaku UKM untuk memasarkan produknya secara online. Salah satu program CSR BNI 46 Cabang Tanjungbalai Karimun yang bekerjasama dengan blandja.com,” kata Pimpinan BNI Cabang Tanjungbalai Karimun Joko Teguh Sembodo, Kamis (2/3) kemarin.

Adapun fasilitas yang diberikan di rumah kreatif, berupa internet, ruang display untuk produk, ruang rapat, dan ruang kantor. Sementara untuk Sumber Daya Manusia (SDM) yang akan mengoperasikan Rumah Kreatif, nantinya melibatkan Dinas Perdagangan, Koperasi, UKM dan ESDM Pemda Karimun. Dengan demikian, para pelaku UKM diajak beralih ke ekonomi digital. Artinya, pelaku UKM yang selama ini menjual produknya secara manual atau penjualan sekitar Karimun dan beberapa kota yang ada di Kepri.

”Program ini, sebagai upaya membantu pelaku bisnis untuk meningkatkan kualitas standarisasi produk. Serta memanfaatkan era digital dalam pengembangan usaha seperti memanfaatkan situs e-commerce sebagai etalase online produk-produk UMKM,” tuturnya.

Sementara Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, UKM dan ESDM Pemkab Karimun M Yosli membenarkan, program kementerian BUMN untuk membangun Rumah Kreatif dilokasi keramaian. Dengan adanya rumah kreatif semoga akan semakin menggairahkan para pelaku UKM, pengerajin dan seniman untuk mengembangkan usaha sekaligus mendukung pengembangan wisata yang ada di Karimun.

“Nanti, di Rumah Kreatif semua pelaku usaha bisa mempromosikan produknya. Kita disini sebagai fasilitasi tempat, semuanya dibangun oleh pihak BNI 46 Cabang Tanjungbalai Karimun termasuk bimbingan dan pelatihan para enterpreneur,” ucapnya.

Dengan demikian, bagi pelaku UKM bisa berkonsultasi bagaimana menjual produk secara online dengan desain yang lebih bagus. Sehingga, bisa meningkatkan pendapatan pelaku UKM itu sendiri. Selain itu bisa mempromosikan daerah Karimun, dengan objek-objek wisata bahari.

“Kita (Pemda Karimun-red) sangat mendukung sekali Rumah Kreatif yang disediakan oleh BNI 46 Cabang Tanjungbalai Karimun. Tinggal bagaimana kita berikan pandangan para pelaku UKM dan yang lainnya untuk memanfaatkan fasilitas Rumah Kreatif,” ungkapnya. (tri)

Update